Ariel NOAH Sentil Netizen yang Minta Harga CD Murah, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 04/07/2019, 14:16 WIB
Ariel NOAH saat ditemui di sela shooting video klip lagu Janger Persahabatan di Studio Toha, Tangerang, Banten, Rabu (2/5/2018) sore. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Ariel NOAH saat ditemui di sela shooting video klip lagu Janger Persahabatan di Studio Toha, Tangerang, Banten, Rabu (2/5/2018) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah netizen atau warganet meminta harga CD band NOAH dijual murah.

Mereka menilai harga CD mahal sehingga tak heran jika banyak yang membeli bajakan.

Vokalis Nazril Irham atau lebih populer dengan panggilan Ariel (37) itu memberikan jawabannya atas permintaan netizen.

Menurut Ariel, tidak mudah menjual sebuah karya dengan harga yang murah.

"Satu lagi deh nih buat yg minta harga CD lebih murah. Kita bisa saja menurunkan kualitas cd dan cover sehingga lebih murah, tapi tetap semurah murahnya CD dari kita, akan lebih murah CD bajakan," kata Ariel lewat akun Instagram-nya, @ariel_inst, yang dikutip Kompas.com, Kamis (4/7/2019).

Baca juga: Ariel NOAH Sebut Raditya Dika Berhasil Patahkan Mitos Dunia Tarik Suara

Sebab, kata Ariel, pembajak tidak perlu membayar pajak atas distribusi kaset fisik. Sedangkan pihak label yang memproduksi secara resmi harus membayar pajak.

"Kecuali kalau kita gak perlu bayar pajak juga, baru bisa bersaing harga, itu pun kita musti tetap ada biaya pembuatan karya, bukan tinggal copy paste di cetak," tulis Ariel.

Hal itu, lanjut Ariel, juga berlaku untuk para platform musik digital resmi seperti Joox, Spotify, iTunes, dan lainnya. Mereka, kata Ariel, membayar pajak.

"Klo yg download gratis itu gak bayar pajak. Jadi klo masalah saingan harga, kalau yg gak bayar pajak ya pasti lebih murah. Ah ya sudahlah, saya mau minum kopi lagi," kata Ariel.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Satu lagi deh nih buat yg minta harga CD lebih murah. Kita bisa saja menurunkan kualitas cd dan cover sehingga lebih murah, tapi tetap semurah murahnya CD dari kita, akan lebih murah CD bajakan, *KENAPA?* , *KARENA PEMBAJAK GAK PERLU BAYAR PAJAK* , kecuali kalau kita gak perlu bayar pajak juga, baru bisa bersaing harga, itu pun kita musti tetap ada biaya pembuatan karya, bukan tinggal copy paste di cetak. Dan ini berlaku pada semua platform digital, platform digital resmi seperti joox, spotify, itunes, itu semuanya bayar pajak juga. Klo yg download gratis itu gak bayar pajak. Jadi klo masalah saingan harga, kalau yg gak bayar pajak ya pasti lebih murah. Ah ya sudahlah, saya mau minum kopi lagi.

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on Jul 3, 2019 at 7:50am PDT



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X