Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun, Atiqah Hasiholan Berusaha Tegar

Kompas.com - 11/07/2019, 17:45 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Majelis hakim menjatuhkan vonis dua tahun penjara kepada terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019).

Vonis itu lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang meminta majelis hakim mengganjar Ratna selama enam tahun penjara.

"Dengan mempertimbangkan semua fakta yang ada dengan ini terdakwa dijatuhi vonis dua tahun penjara," ucap majelis hakim seraya mengetuk palu.

Atiqah Hasiholan berusaha untuk tetap tegar meski merasa vonis tersebut tak adil untuk ibunya.

"Saya merasa ini tak adil ya, seperti yang tadi dikatakan ibu saya, salah satu pertimbangan bahwa ucapan ibu saya menyebabkan keonaran yang sebenarnya tidak seperti itu," ucap Atiqah yang berada di samping Ratna usai persidangan.

Berkait langkah hukum yang akan diambil berikutnya, pihak Ratna mengaku masih pikir-pikir.

"Nanti pikir-pikir dulu (untuk banding)," ucap kuasa hukum Ratna Sarumpaet.

Tak lama berselang, Ratna segera digiring untuk menaiki mobil tahanan. Terlihat Atiqah dan kakaknya Ibrahim Alhady turut mendampingi ke dalam mobil tahanan.

Baca juga: Atiqah Hasiholan Harap-harap Cemas di Sidang Putusan Ratna Sarumpaet

Selain Atiqah dan Ibrahim, hadir pula dua anak Ratna lainnya, yakni Fathom Saulina dan Mohammad Iqbal Alhady.

Ratna sebelumnya dituntut enam tahun penjara olah Jaksa Penuntut Umum dan dianggap telah melanggar pasal pidana yang diatur dalam Pasal 14 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana soal Penyebaran Berita Bohong.

Baca juga: Aksi Atiqah Hasiholan yang Asyik Selfie di Ruang Sidang Ratna Sarumpaet

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.