Arswendo Atmowiloto Meninggal, Soleh Solihun: Indonesia Kehilangan Budayawan Besar

Kompas.com - 20/07/2019, 12:14 WIB
Soleh Solihun saat ditemui di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019). KOMPAS.com/IRA GITASoleh Solihun saat ditemui di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepergian Arswendo Atmowiloto, yang meninggal dunia pada Jumat (19/7/2019) sore, menurut komedian dan artis peran Soleh Solihun, merupakan sebuah kehilangan besar untuk Indonesia.

"Ya kalau buat saya, Indonesia kehilangan budayawan besar," kata Soleh Solihun saat ditemui di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019)

Soleh mengungkapkan, bagi dia, Arswendo adalah sosok yang menarik dan jujur.

"Kalau menurut saya, dia sosok yang menarik. Bukan cuma tulisan yang menarik. Saya suka gaya dia yang selengean, ceplas ceplos. Ya intelektual yang selengean," ujar Soleh.

"Kayaknya dia salah satu orang yang jujur dan enggak ada yang ditutupin, itu yang saya lihat di media. Dia enggak jaim, enggak mikir citra," lanjut bintang film Reuni Z itu.

Baca juga: Abah dan Emak Keluarga Cemara Kehilangan Sosok Arswendo Atmowiloto

Namun, Soleh mengaku belum sempat menjenguk Arswendo selama sakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Enggak sempat. Tapi saya pernah lihat di media sosial anaknya pernah posting, bilang papah masih dirawat, lalu ada kabar meninggal," ucapnya.

Arswendo (70) meninggal dunia di rumahnya karena sakit kanker prostat yang diidapnya selama ini.

Jenazah Arswendo Atmowiloto masih disemayamkan di Rumah Duka, Kompleks Kompas B-2, Jalan Damai, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan.

Jenazah akan dibawa ke tempat peristirahatan terakhir di Sandiego Hill, Karawang, Jawa Barat, hari ini Sabtu (20/7/2019).

Baca juga: Putri Arswendo Atmowiloto: Yang Pasti Keluarga Cemara Difilmkan, Bapak Senang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.