Mengenal Jagat Bumilangit, Gudangnya Para Jagoan Indonesia

Kompas.com - 23/07/2019, 16:45 WIB
Para jagoan Jagat Bumilangit. Dokumentasi BumilangitPara jagoan Jagat Bumilangit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bumilangit menjadi gudang jagoan di bumi Indonesia. Ada lebih dari 1.000 karakter jagoan yang diproduksi oleh Bumilangit Komik

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Selasa (23/7/2019), Bumilangit telah merestorasi baik komik klasik ataupun cerita bergambar sejak 2003.

Bumilangit dimulai sejak Letusan Toba 75.000 SM. Jagat Bumilangit terbagi atas empat era yaitu Era Legenda, Era Jawara, Era Patriot, dan Era Revolusi.

Era Jawara adalah eranya para pendekar, mereka ada di masa kerajaan Nusantara.

Jagat Jawara memiliki 500 karakter dengan 50 judul komiknya yang telah diterbitkan. Di antaranya ada Si Buta Dari Gua Hantu dan Mandala.

Sedangkan Era Patriot adalah era para jagoan. Mereka ada di masa saat ini.

Jagat Patriot terdiri dari 700 karakter dan 110 judul komiknya, yang telah diterbitkan dan dijual.

Sepanjang sejarahnya komik-komik ini telah terjual lebih dari dua juta eksemplar dan dibaca oleh lebih dari sepuluh juta orang.

Karakter-karakter terkemuka yang termasuk di dalamnya adalah Gundala, Sri Asih, jagoan pertama Indonesia yang diciptakan tahun 1954, lalu Godam, Tira, Sembrani dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun, para karakter-karakter tersebut dicipta oleh para legenda komik Indonesia. Di antaranya adalah bapak komik Indonesia RA Kosasih, Ganes TH., Hasmi, dan Jan Mintaraga.

Selain itu ada Mansyur Daman, Wid NS, Nono GM, Banuarli Ambardi, Mater sampai Iwan Nazif dan Is Yuniarto merupakan original artist yang karyanya dilisensi di Bumilangit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X