Durasi Bumi Manusia Bakal Selama Avengers: Endgame, Ini Kata Hanung

Kompas.com - 27/07/2019, 10:59 WIB
Artis peran Iqbaal Ramadhan sebagai Minke dalam film Bumi Manusia. Film produksi Falcon Picture itu disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Instagram/Hanung BramantyoArtis peran Iqbaal Ramadhan sebagai Minke dalam film Bumi Manusia. Film produksi Falcon Picture itu disutradarai oleh Hanung Bramantyo.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan hanya karena diadaptasi dari salah satu novel terlaris mahakarya Pramoedya Ananta Toer, film Bumi Manusia juga menjadi pembicaraan lantaran durasinya.

Film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini bahkan disebut berdurasi sama dengan film superhero keluaran Marvel Studio Avengers: Endgame, yakni tiga jam.

Dengan durasi tersebut, Bumi Manusia otomatis akan menjadi salah satu film terpanjang yang diproduksi oleh sineas Tanah Air.

Hanung Bramantyo pun memberikan jawaban bagaimana ia bisa mengemasnya dengan durasi sepanjang itu.

Baca juga: Iwan Fals, Once, dan Fiersa Besari Nyanyikan Ibu Pertiwi untuk Bumi Manusia

Menurut Hanung, kunci dari durasi tersebut adalah karena kegeniusan Pramoedya dalam menulis sebuah novel.

"Pak Pram itu saya enggak tahu belajar darimana jadi penulis, saya baca novel Bumi Manusia, ternyata Pak Pram sudah menggunakan struktur Tiga Babak, yang di gunakan semua media," ucap Hanung saat berkunjung ke Kompas.com, Selasa (23/7/2019) lalu.

Lantaran format tiga babak itu, Hanung menjadi mudah untuk mengupas semua alur cerita ke dalam film tanpa harus membuat ada bagian yang terpotong.

"Itu memudahkan kami untuk mengupas, beda dengan novelis sekarang mereka itu curhat, akhirnya banyak yang di adaptasi ke film kita kesulitan," ucapnya.

Baca juga: Durasi Bumi Manusia 3 Jam, Iqbaal Sarankan Tak Bawa Guling dan Tikar

"Dan strukturnya sudah digambar sama Pak pram, saya tinggal mengadopsi. Saya enggak tahu novelis zaman dulu nulisnya gimana," sambungnya.

Hanung mengatakan, novel Bumi Manusia memenuhi semua unsur yang membuat mudah diangkat ke sebuah film, yakni inciting incidentdent, twist, dan false victory.

Sederhananya, Hanung pun menganalogikan bila seluruh halaman dalam novel Bumi Manusia dijadikan sebuah skenario maka amatlah wajar bila durasi film tersebut sekitar tiga jam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X