Akhir Kehebohan Kimi Hime dan Konten YouTube-nya

Kompas.com - 04/08/2019, 10:23 WIB
YouTuber Kimi Hime di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAYouTuber Kimi Hime di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa minggu terakhir, pemberitaan diramaikan dengan pemanggilan YouTuber Kimberly Khoe atau Kimi Hime oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kimi dipanggil karena dinilai membuat konten vulgar. Tarik-ulur pun dimulai, hingga berujung pada suspend konten Kimi. Lalu bagaimana endingnya?

1. Kemenkominfo lakukan panggilan via email

Kemenkominfo memanggil Kimi pada minggu ketiga Juli 2019. Pemanggilan ini untuk membahas kontennya yang dianggap tak sesuai aturan main Kominfo.

Pihak Kimi berdalih undangan kementerian itu bukan pemanggilan sifatnya, melainkan undangan.

2. Kimi mangkir

Namun Kimi Hime tidak memenuhi panggilan tersebut. Ia dikatakan mangkir oleh pihak Kominfo meskipun mendapat beberapa kali surat pemanggilan.

Pemanggilan ini disampaikan melalui surat elektronik dan direct message Instagram pada 22 Juli 2019.

Kemenkominfo kemudian mengambil langkah dengan menutup tiga konten dan membatasi enam konten secara umur di atas 18 tahun terhadap akun Kimi.

3. Datangi Kemenkominfo

Setelah empat hari tidak merespons, pada hari kelima kuasa hukum Kime menghubungi Kemkominfo dan bersedia memenuhi pemanggilan pada Senin (29/7/2019).

Namun, Kimi tak hadir. Ia diwakili oleh kuasa hukumnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Ferdinandus Setu mengatakan, pihak Kimie memahami apa yang menjadi permintaan Kemkominfo.

"Tadi empat orang kuasa hukum Kimi Hime yang hadir, Kimi Hime tidak hadir. Tadi dibicarakan bahwa pihak Kimi Hime memahami apa yang diinginkan Kemenkominfo," ujar Ferdinan kepada Kompas.com, Senin (29/7/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X