Bumi Manusia Dapat Klasifikasi 17 Tahun ke Atas, Ini Komentar Produser

Kompas.com - 12/08/2019, 12:04 WIB
Adegan Anelis (Mawar de Jongh) dan Minke (Iqbaal Ramadhan) dalam film Bumi Manusia.DOK. FALCON PICTURES Adegan Anelis (Mawar de Jongh) dan Minke (Iqbaal Ramadhan) dalam film Bumi Manusia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Sensor Film (LSF) memberikan klasifikasi usia penonton 17 tahun ke atas terhadap film Bumi Manusia garapan rumah produksi Falcon Pictures.

Seperti dikutip dari situs lsf.go.id, film Bumi Manusia yang terdaftar dengan nomor 1144/DCP/NAS/17/08.2024/2019 lulus sensor pada 8 Agustus 2019.

Produser Frederica mengatakan, pihaknya cukup menyayangkan dengan klasifikasi 17 tahun ke atas yang diberikan oleh LSF. Padahal, target mereka adalah usia 13 tahun ke atas.

"Kami mendapat sensor 17 tahun untuk film ini. Kami dari sisi filmmaker sebenarnya sedih ya mendapatkan rating 17 tahun," kata Frederica di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, baru-baru ini.

Namun, Frederica memahami bahwa LSF punya penilaian sendiri terhadap film karya sutradara Hanung Bramantyo.

Sebagai produser, kata Frederica, ia juga tidak mau menghilangkan esensi dari novel Bumi Manusia yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer.

"Kami setia sama novelnya. Jadi apa yang ada di novel memang kami filmkan. Dan kami mendapatkan sensor 17+ untuk film ini," kata dia.

"Tapi seperti itulah yang tertuang dalam novelnya. Bagaimana pun juga novelnya menceritakan seperti itu, jadi kami serahkan kalau mau nonton silakan dengan rating-nya, ya," sambung dia.

Film Bumi Manusia mengisahkan tentang Minke (Iqbaal Ramadhan, anak pribumi yang diperbolehkan bersekolah di HBS.

HBS merupakan sekolah khusus untuk orang-orang Eropa, khususnya Belanda.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X