Perjalanan Tokoh Bumi Manusia, dari Tirto, Minke hingga Iqbaal Ramadhan

Kompas.com - 15/08/2019, 19:05 WIB
Artis peran Iqbaal Ramadhan sebagai Minke dalam film Bumi Manusia. Film produksi Falcon Picture itu disutradarai oleh Hanung Bramantyo.Instagram/Hanung Bramantyo Artis peran Iqbaal Ramadhan sebagai Minke dalam film Bumi Manusia. Film produksi Falcon Picture itu disutradarai oleh Hanung Bramantyo.


KOMPAS.com - Film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer akan tayang secara serentak pada hari ini (15/8).

Tokoh Minke yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, menjadi pusat penceritaan dalam film Bumi Manusia.

Minke diceritakan sebagai seorang anak bupati yang melepas status keningratannya dan lebih memilih untuk menjadi seorang pribumi yang anti feodalisme di Surabaya.

Penceritaan tokoh Minke ini belakangan diketahui sebagai tokoh imajiner dari sosok Raden Mas Djokomono Tirto Ardhie Soerjo.

Pernyataan itu bukan opini semata. Penerbit Hasta Mitra di halaman belakang novel Jejak Langkah, seri ketiga dari tetralogi Pulau Buru, membenarkan fakta itu.

Meski dalam pernyataannya Penerbit Hasta Mitra hanya mengkhususkan untuk novel Jejak Langkah, tetapi banyak ditemui kemiripan antara tokoh Minke dengan sosok Tirto.

Sikap Minke terhadap keluarganya memiliki kemiripan cerita dengan kehidupan Tirto.

Baca juga: Iqbaal Perankan Minke di Bumi Manusia, Hanung: Come On..

Dalam Sang Pemula (1985), semi-biografi Tirto yang ditulis oleh Pram, tak banyak diketahui kejelasan keluarga Tirto.

Tirto juga diceritakan telah melepas ikatan dan tradisi keluarga priyayi Jawa yang menjadi lingkungannya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X