Sri Mulyani: Film Bumi Manusia Sangat Layak Ditonton

Kompas.com - 19/08/2019, 09:14 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di kawasan DPR Jakarta, Selasa (16/7/2019) MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di kawasan DPR Jakarta, Selasa (16/7/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani menonton film Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo bersama orang terdekat.

Ia mengajak serta suami dan sejumlah pejabat Kementerian Keuangan untuk menonton di hari kemerdekaan Indonesia, Minggu (17/8/2019). Momen tersebut ia unggah dalam Instagramnya, @smindrawati, Minggu (18/8/2019).

"Tadi malam saya bersama suami dan beberapa jajaran Kementerian Keuangan menonton film Bumi Manusia. Film yang disutradai oleh Hanung Bramantyo @hanungbramantyo ini adalah adaptasi dari buku maha karya penulis besar kebanggaan Indonesia Pramoedya Ananta Toer," tulis Sri Mulyani dalam caption foto yang diunggahnya tersebut.

Menurut Sri Mulyani, banyak nilai yang bisa diambil dari adegan ke adegan yang ditayangkan, termasuk menyadarkan berharganya kesetaraan hak setelah Indonesia merdeka.

Baca juga: Melepas Dilan dan Memasukkan Jiwa Minke dalam Iqbaal Ramadhan, Berhasilkah?

"Agar kita semua menyadari betapa berharganya arti dari persamaan hak dan perlakuan yang kita peroleh setelah kemerdekaan," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengaku terkesan dengan film tersebut. Ia menganggap film tersebut patut ditonton.

"Film ini sangat layak ditonton," kata dia.

Mantan Deputi Gubernur Bank Dunia itu berharap ke depan semakin banyak film Indonesia yang dapat menggugah rasa nasionalisme.

Baca juga: Mengunjungi Desa Gamplong, Mini Hollywood Yogyakarta, Lokasi Syuting Bumi Manusia

Film Bumi Manusia mulai tayang di jaringan bioskop Indonesia pada 15 Agustus 2019. Film ini mengisahkan tentang Minke (Iqbaal Ramadhan), anak pribumi yang diperbolehkan bersekolah di HBS. HBS merupakan sekolah khusus untuk orang-orang Eropa, khususnya Belanda.

Adapun orang-orang Indonesia yang boleh bersekolah di HBS hanyalah mereka yang berasal dari kalangan ningrat atau pejabat.

Namun, Minke diperbolehkan bersekolah di HBS karena kemampuan hebatnya dalam menulis. Meski bukan dari golongan ningrat atau pejabat, Minke memiliki pemikiran yang revolusioner.

Pemain ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, Sha Ine Febriyanti, Donny Damara, Ayu Laksmi, dan masih banyak lainnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X