Melepas Dilan dan Memasukkan Jiwa Minke dalam Iqbaal Ramadhan, Berhasilkah?

Kompas.com - 19/08/2019, 07:15 WIB
Iqbal Ramadhan saat menghadiri meet and greet Ruangguru di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGIqbal Ramadhan saat menghadiri meet and greet Ruangguru di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2018) malam.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan artis peran Iqbaal Ramadhan untuk memerankan karakter Minke dalam film Bumi Manusia menuai pro dan kontra. 

Minke merupakan karakter sentral dalam mahakarya Pramoedya Ananta Toer bertajuk Bumi Manusia.

Minke digambarkan sebagai seorang yang muda, pintar, dan lahir dari lingkungan keluarga berada. Selain itu, Minke juga memiliki karakter pejuang yang melawan penindasan atas hukum kolonial yang penuh ketidakadilan.

Baca juga: Perjalanan Tokoh Bumi Manusia, dari Tirto, Minke hingga Iqbaal Ramadhan

Penggemar Bumi Manusia meragukan Iqbaal akan membawa rasa Dilan saat memerankan karakter Minke. 

Karakter Dilan begitu melekat oleh Iqbaal.

Keberhasilannya memerankan karakter Dilan yang muda, cool, dan begitu mencintai Milea dengan rayuan gombalnya telah memikat para penonton film, terutama remaja putri. 

Baca juga: Review: Bumi Manusia, Pembuktian Iqbaal Ramadhan dan Hanung Bramantyo

Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan dalam film Dilan 1990.Falcon Pictures/Max Pictures Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan dalam film Dilan 1990.
Kemudian, bagaimana tantangan melepaskan karakter Dilan pada diri Iqbaal Ramadhan?

Acting coach film Bumi Manusia, Agus Kencrot juga mengaku kesulitan melepaskan karakter Dilan dari Iqbaal. 

"Itu susah. Saya mempelajari film Dilan dulu dan saya mempelajari Iqbaal ketika dia bermain sebagai Dilan bagaimana, kemudian Minke bagaimana," kata Agus Kencrot kepada Kompas.com, di Yogyakarta, Selasa (13/8/2019). 

Baca juga: Sinopsis Film Bumi Manusia yang Tayang Hari Ini

Acting coach Agus Kencrot saat ditemui di Desa Gamplong, Yogyakarta, Selasa (13/8/2019).KOMPAS.com/KURNIA SARI AZIZA Acting coach Agus Kencrot saat ditemui di Desa Gamplong, Yogyakarta, Selasa (13/8/2019).
Agus merasa tertantang dengan hal itu.

Ia memiliki cara khusus agar karakter Minke dapat diterima dan diperankan dengan baik oleh Iqbaal.

"Setelah dari Dilan dan masuk ke Minke, saya kosongkan dia dan saya menyadarkan, kamu (Iqbaal) memiliki kesempatan luar biasa untuk menjadi Minke dan minke itu diketahui oleh banyak orang, maka jadilah dirimu menjadi Minke. Setelah jadi dirinya sendiri, saya memasukkan roh Minke kepada Iqbaal," ujar Agus.

Baca juga: [INFOGRAFIS] Tirto Adhi Soerjo, Inspirasi Tokoh Minke dalam Film Bumi Manusia

Agus menanamkan 4W kepada Iqbaal dan seluruh pemain Bumi Manusia, yakni wicara (bicara), wiraga (raga), wirasa (rasa), dan wirama (irama).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X