Anggun: Mungkin Sudah Saatnya Indonesia Bisa Beri Dwi Kewarganegaraan

Kompas.com - 19/08/2019, 16:21 WIB
Anggun Cipta Sasmi dalam wawancara khusus oleh Kompas.com di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017). Dalam kesempatan ini Anggun bercerita tentang singel terbarunya, yang berjudul What We Remember, dan rencana peluncuran albumnya yang kedelapan. Dok AGUNG AJI NUGRAHAAnggun Cipta Sasmi dalam wawancara khusus oleh Kompas.com di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017). Dalam kesempatan ini Anggun bercerita tentang singel terbarunya, yang berjudul What We Remember, dan rencana peluncuran albumnya yang kedelapan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Anggun Cipta Sasmi menyampaikan unek-uneknya soal pemberian status kewarganegaraan untuk keturunan campuran.

Dalam akun Instagram-nya, @anggun_cipta, pelantun "Snow on the Sahara" itu memunculkan saran kepada pemerintah Indonesia agar mulai memikirkan tentang pemberian kewarganegaraan ganda.

"Mungkin sudah saatnya Indonesia memikirkan utk bisa memberi dwi kewarganegaraan seperti negara2 lain," tulis Anggun.

Baca juga: Anggun Putus Cinta dengan Pacar Usai Manggung di Candi Prambanan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Untuk yang MASIH komentar tentang paspor #DiasporaIndonesia

A post shared by Anggun Official (@anggun_cipta) on Aug 17, 2019 at 11:48pm PDT

Sebagai keturunan Indonesia yang kini menetap di Perancis, Anggun mengatakan bahwa banyak diaspora yang tinggal di luar negeri yang anak-anak mereka pada akhirnya diminta untuk memilih antara kewarganegaraan ibu atau ayah mereka.

"Utk anak2 blasteran mereka diharuskan memilih antara 2 kewarganegaraan buat saya sayang sekali? Kenala harus memilih? Kenapa nggak boleh dua2nya? Sudah banyak kok contohnya," tulis Anggun.

"Kita kan sekarang hidup dunia yang setiap orang beradaptasi dgn kultur berbeda," tambahnya.

Baca juga: Gelar Konser Tunggal di Jakarta, Anggun Gandeng Rossa hingga Iwa K

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X