Gundala hingga Si Buta dari Gua Hantu Beri Penghormatan Terakhir untuk Mendiang Dwi Koen

Kompas.com - 22/08/2019, 19:44 WIB
Para jagoan Jagat Bumilangit. Dokumentasi BumilangitPara jagoan Jagat Bumilangit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepergian ilustrator dan komikus senior pencipta kartun Panji Koming, Dwi Koendoro Brotoatmojo atau Dwi Koen, meninggalkan duka mendalam.

Tak terkecuali bagi salah satu perusahaan komik Indonesia, Bumilangit.

Melalui akun Instagram-nya, Bumilangit mengunggah ilustrasi yang menunjukkan para karakter jagoan mereka, dari Gundala hingga Si Buta dari Gua Hantu, memberi penghormatan terakhir untuk mendiang Dwi Koen.

"Selamat jalan Pak Dwi Koendoro, Maestro Komik Indonesia," tulis akun @bumilangitofficial pada gambar tersebut, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (22/8/2019).

Gundala, Aquanus, Sri Asih, Godam, Si Buta dari Gua Hantu, dan jagoan lainnya digambarkan tengah menundukkan kepada dengan ekspresi wajah sedih.

Mereka berdiri mengelilingi ilustrasi peti mati Dwi Koen yang ditutupi kain merah putih. Di atasnya terdapat bingkai foto mendiang Dwi Koen dan setangkai bunga.

Dwi Koen mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Premier Bintaro, Kamis (22/8/2019) pukul 03.14 WIB, dalam usia 78 tahun.

Baca juga: Timo Tjahjanto Ungkap Wujud Si Buta dari Gua Hantu Garapannya

Berikut ungkapan belasungka Bumilangit untuk Dwi Koen:

"Terima Kasih, Pak Dwi Koendoro. Selamat jalan Jagoan Komik dan Animasi Indonesia. Dwi Koen adalah salah satu Maestro Seni Tutur Gambar Multitalenta yang kita punya.

Dari tangannya lahir komik strip mingguan Panji Koming di suratkabar Kompas dan komik serial mingguan Sawung Kampret di majalah Humor. Kedua komik ini lekat mengisi benak para pembaca di era 80-90 an.

Tak hanya komik, Panji Koming dihidupkan dalam bentuk animasi, sedangkan Sawung Kampret menjadi serial televisi. Baik Panji Koming dan Sawung Kampret, keduanya mengusung idealisme dalam bingkai kejenakaan dan kebhinekaan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X