Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Autisme, Dian Sastro Panggil Putranya ke Atas Panggung

Kompas.com - 24/08/2019, 13:01 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastrowardoyo kembali menceritakan soal anak sulungnya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo yang didiagnosis Autisme.

Dian Sastro membagikan kisahnya itu dalam acara Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).

Di tengah pembicaraan, Dian memanggil Shailendra ke atas panggung.

"Shailendra boleh enggak ke atas sebentar," kata Dian di atas panggung pembicara.

Baca juga: Cerita Dian Sastro Saat Tahu Putranya Berkebutuhan Khusus

Shailendra yang mengenakan baju putih lengan panjang langsung berlari ke atas panggung dan disambut tepuk tangan penonton yang hadir.

Dian Sastro kemudian mengajak bicara putranya itu.

Baca juga: 5 Pengakuan Blak-blakan Dian Sastro soal Autisme Anak Sulungnya

"Halo teman-teman, jadi ini anak saya Shailendra. Kamu kelas berapa Shailendra, coba ceritakan?" tanya Dian Sastro sambil memangku Shailendra.

"Aku kelas 3," jawab Shailendra.

Dian Sastrowardoyo bersama suami dan kedua anaknya.Instagram/@therealdisastr Dian Sastrowardoyo bersama suami dan kedua anaknya.

Baca juga: Dian Sastro: Saya Bilang ke Dia, Shailendra Tuh Spesial...

Dian menceritakan, meski memiliki kebutuhan khusus, Shailendra kini sudah seperti anak lainnya setelah menjalani serangkaian terapi hingga usia 5 tahun. Saat ini Shailendra sudah dinyatakan tak perlu terapi.

"Dia di sekolah normal, bersama teman-teman yang lain. Dia tidak memiliki kesulitan belajar. Alhamdulillah. Dia pintar," kata Dian.

Baca juga: Dian Sastro: Tahun Awal Ciri-ciri Autisme di Anak Saya Kental Banget

Di atas panggung, Dian juga mengajak Shailendra bercerita. Mulai dari teman-teman di sekolah hingga kegiatan yang disukai.

Shailendra pun bercerita, ia memiliki 4 sahabat dan suka bermain bersama mereka. Shailendra juga mengaku suka membicarakan hal-hal yang lucu dan bercanda bersama teman-temannya di sekolah.

Dia tampil percaya diri di atas panggung dan berbicara lancar di hadapan penonton.

Baca juga: Dian Sastro Percaya Anaknya Idap Autisme Setelah Kunjungi 3 Dokter

Dian mengatakan, awalnya Shailendra memiliki 7 tanda spektrum autisme pada anak. Misalnya, tidak bisa berinteraksi dengan anak lain, tidak ada kontak mata, hingga tidak bisa fokus.

"Tujuh ciri itu sudah enggak ada sekrang. Eye contact oke," kata Dian.

Dian Sastro membuktikan hal itu di atas panggung, di mana Shailendra bisa mengobrol seperti biasa, ada kontak mata saat mengobrol, hingga mau bermain dengan anak lain.

Baca juga: Suami Dian Sastro Awalnya Tak Percaya Putranya Idap Autisme

Dian melihat ada yang berbeda dalam diri Shailendra sejak putranya itu masih berusia 8 bulan. Melihat hal itu, Dian langsung membawa putranya ke dokter spesialis tumbuh kembang anak hingga ke psikolog.

Dian baru percaya anaknya memang berkebutuhan khusus setelah mengunjungi 3 dokter. Tak mau menunggu lama, Dian Sastro langsung membawa putranya menjalani terapi sehingga bisa tumbuh kembang dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com