Imbauan Melanie Subono kepada Peziarah Makam BJ Habibie

Kompas.com - 17/09/2019, 09:52 WIB
Presiden ketiga RI BJ Habibie bersama penyanyi Melanie Subono. Instagram/Melanie SubonoPresiden ketiga RI BJ Habibie bersama penyanyi Melanie Subono.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Cucu keponakan mendiang BJ Habibie, Melanie Subono, bersuara tentang banyaknya peziarah yang beramai-ramai foto di makam Presiden ke-3 RI tersebut.

Melanie mengaku senang meski di sisi lain ia merasa miris. Ia pun memberikan imbauan kepada para peziarah. Apa saja?

Datang ke rumah

Melanie mempersilakan warga dan peziarah untuk datang ke tahlilan yang diselenggarakan selama 40 hari di kediaman Habibie di kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Ya puji Tuhan kalau banyak yang datang dan doain Eyang. Kalau mau benar-benar doain datang ke tahlilan Eyang kita sampai hari ke 40, itu sampai 21 Oktober silakan sepuas-puasnya di rumah Eyang loh," ucap Melanie di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Menurut Melanie, peziarah sebaiknya datang ke kediaman Habibie yang lebih lapang, ketimbang berdesak-desakan di makam.

Baca juga: Melanie Subono Lega, Habibie Ainun Kembali Lengkap

Minta peziarah lebih peka

Melanie meminta para peziarah lebih peka dalam mengabadikan setiap momen, termasuk soal bersesakan untuk selfie di pusara BJ Habibie.

"Senang, tetapi itu ya makam itu bukan rumah pribadi. Banyak yang dimakamin di situ juga loh. Artinya sebelah ada kuburan orang lain. Bayangin kalau itu makam keluarga kamu keinjek-injekdemi foto dengan makam lain, itu saja sih rasanya gimana," ujar Melanie.

Baca juga: Melanie Subono: Kalau Benar-benar Mau Doain Eyang Habibie, Datang ke Tahlilan

Keluarga enggan mempermasalahkan

Anak promotor musik Adrie Subono ini mengatakan, pihak keluarga tidak bisa melarang para peziarah yang ingin ber-selfie di makam Habibie.

Selain itu, lanjut dia, pihak keluarga juga enggan mempermasalahkan hal tersebut.

"Kita lagi enggak butuh energi marah. Keluarga juga lagi capek pasti, jadi ya enggak ditanggapi. Ya tinggal (makam) dirapikan, menghubungi pihak-pihak kayak pembersih makamnya," kata Melanie.

Sebelumnya, Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada 11 September 2019 lalu.

Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Melanie Subono: Bayangin kalau Itu Makam Keluarga Kamu Terinjak demi Foto

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X