Film Martabak Bangka Kisahkan Keberagaman di Tanah Bangka

Kompas.com - 22/09/2019, 14:30 WIB
Artis peran Ramon Y Tungka saat menjalani syuting film Martabak Bangka. Dokumentasi film Martabak BangkaArtis peran Ramon Y Tungka saat menjalani syuting film Martabak Bangka.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Martabak Bangka sudah mulai bisa disaksikan di bioskop Tanah Air sejak Kamis (19/9/2019).

Film yang dibintangi oleh Raymon Y Tungka ini siap hadir memberikan tontonan menarik dengan latar belakang keindahan kepulauan Bangka Belitung.

Meski berjudul Martabak Bangka, rupanya film ini tak bercerita tentang kuliner.

"Kami ambil namanya Martabak Bangka karena ada sesuatu yang khas ingin diceritakan. Tapi sebenarnya bukan bahas soal kulinernya, ada drama pecintaan juga di sana," kata sutradara Martabak Bangka, Eman Pradipta, dalam keterangan pers kepada Kompas.com, Minggu (22/9/2019).

Baca juga: Ramon Y Tungka Pelajari Langsung Teknik Bikin Martabak di Bangka

"Ada pesan moral yang ingin kami sampaikan. Seperti kita tahu di Bangka masyarakatnya sangat plural, ada etnis Tionghoa di sana dan masyarakat Melayu muslim di sana bisa hidup berdampingan dengan damai. Itu salah satu yang menjadi catatan di film ini," imbuhnya.

Sebagai pemain, Ramon Y Tungka membeberkan karakter Jaya yang ia perankan dalam film yang diproduseri oleh Arbi Leo tersebut.

"Jaya itu penerus bisnis martabak yang dikembangkan oleh Koh Acun yang orang asli Bangka. Ketika Koh Acunnya meninggal, ini kan film tentang kisah pencarian si Jaya pada keluarga Koh Acun ke Bangka," kata Ramon.

Baca juga: Ramon Y Tungka Jelajahi Afrika hingga Ekuador demi Riset Perubahan Iklim

Ramon menambahkan, film ini akan menggambarkan kisah kemajemukan di Bangka.

"Dalam artian di bangka kita lihat ada masjid dan kelenteng berdampingan. Artinya film ini menyajikan kemajemukan, itu aja," ujarnya.

Selain Ramon Y Tungka, film Martabak Bangka juga diperankan oleh Gabriella Desta, Ajul, Anyun, Abah Yusef, Samirah, Risky, Claresta, Yafet Ibrahim, Paulus Djauhari, dan Graceilla Angelica.

Baca juga: Kisah Martabak Bangka Segera Dirilis ke Layar Lebar



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X