Ramon Y Tungka Jelajahi Afrika hingga Ekuador demi Riset Perubahan Iklim

Kompas.com - 09/05/2019, 16:54 WIB
Artis peran Ramon Y Tungka dalam jumpa pers di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAArtis peran Ramon Y Tungka dalam jumpa pers di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Ramon Y Tungka (34) dikenal sebagai salah satu artis yang memiliki hobi berpetualang. Ia telah banyak melakukan ekspedisi atau penjelajahan ke banyak tempat, dari gunung hingga gurun.

Saat ditemui dalam sebuah kesempatan di Mal Pondok Indah, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, Ramon bercerita kepada Kompas.com tentang hobinya tersebut.

Sejak April 2019 lalu, Ramon mulai rutin kembali melakukan latihan fisik sebagai salah satu persiapan sebelum menjelajah.

"Saya akan mulai latihan untuk ada ekspedisi besar yang insya Allah saya lakukan pada bulan Juli dan September 2019, latihan fisik lagi gitu," ucapnya.

Menurut Ramon, ekspedisi itu akan ia lakukan di luar negeri, tepatnya di Amerika Latin.

" Ekspedisi yang September 2019 paling jauh ya, tahun lalu kan sudah ke Afrika, tahun ini saya mau coba gunung di Amerika Latin ada di Ekuador sama Argentina gunung es gitu," ucapnya.

Baca juga: Pascacerai, Ramon Y Tungka Mengaku Banyak Didekati Wanita

Namun, pria yang mengawali karier sebagai VJ ini mengaku hobinya ini bukan untuk kesenangan semata. Bersama dengan itu, ia memiliki misi lain, yakni riset mengenai perubahan iklim yang telah menjadi isu global.

"Nah, ini (ekspedisi untuk riset) sudah dijalankan tiga tahun sebenarnya, enggak cuma naik gunung tapi riset. Saya menunjukan bahwa memang es itu sudah mulai mencair akibat krisis ini perubahan iklim ini," tuturnya.

Bapak satu anak ini mengatakan bahwa risetnya terhadap perubahan iklim tersebut kemungkinan akan membutuhkan waktu yang panjang.

"(Riset ini) bukan sebagai pencapain, ekspedisi tiap tahun belum mencapai (tujuan) karena ini kan tahapannya dari 2016 saya risetnya ini (tahapnya), 2017 fisiknya naik yang ini (tahapnya), 2018 ini, 2019 ini 2020 dan 2021 ada lagi," kata Ramon.

Menariknya, ekspedisi yang menelan biaya besar itu Ramon lakukan karena inisiasi sendiri, bukan atas nama sebuah lembaga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X