Mengingat Kembali Aksi Nyata Ananda Badudu Menggalang Donasi untuk Demo Mahasiswa

Kompas.com - 27/09/2019, 09:34 WIB
Musisi Ananda Badudu. Bidik layar Instagram Banda NeiraMusisi Ananda Badudu.

JAKARTA,  KOMPAS.com - Musisi Ananda Badudu menggalang donasi untuk aksi para mahasiswa di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada 23-24 September 2019.

Aksi tersebut untuk memprotes revisi UU KPK, RKUHP, hingga revisi UU Ketenagakerjaan.

Penggalangan itu dilakukan Nanda melalui situs kitabisa.com sejak Minggu (22/9/2019).

Hanya saja, aksi sosialnya ini justru membuat Ananda Badudu ditangkap polisi pada Jumat (27/9/2019) pagi. 

Baca juga: Ernest: Ini Sungguh Konyol, Semoga Ananda Badudu Segera Dipulangkan

"Jadi urunan di Kitabisa itu untuk support aksi mahasiswa hari ini dan besok ya, itu sebagai bentuk dukungan kita yang selama ini mungkin diam-diam saja, tetapi mau kasih aksi nyata gitu," ucap Nanda kepada Kompas.com via telepon, Senin (23/9/2019).

"Tapi yang terpenting sebenarnya bukan itu saja, menunjukkan bahwa banyak orang mau men-support gerakan mahasiswa besok," ujarnya. 

Nantinya, kata Nanda, hasil donasi itu akan digunakan untuk membiayai berbagai keperluan aksi mahasiswa selama unjuk rasa berlangsung, seperti makanan, minuman, hingga menyewa ambulans.

Baca juga: Ananda Badudu, Eks Vokalis Banda Neira yang Ditangkap Polisi

Eks personel Banda Neira ini mengatakan, gerakan tersebut tercetus dari kegelisahan terhadap permasalahan bangsa yang tak kunjung tuntas, dan justru bertambah akibat ulah para petinggi negara yang terlihat seolah tak memihak kepentingan rakyat.

"Itu karena sejak ada banyak banget masalah beruntun yang terjadi, sejak masalah Papua, capim KPK, KUHP, dan sejak itu sudah sedih banget, marah, tetapi belum tahu bisa berbuat apa, jadi sekarang marahnya sudah memuncak begitu. Jadi lihat orang-orang juga banyak yang ingin mendukung, sehingga saya melihat harus ada kanalnya yang mewadahi gerakan itu," tutur Ananda.

Nanda memastikan akan bertanggung jawab atas pengelolaan dan penggunaan dana tersebut.

Baca juga: Ananda Badudu Dijemput Polisi, #BebaskanAnandaBadudu Trending Twitter

Ia juga akan melaporkan pemakaian dana itu secara transparan melalui akun media sosialnya, twitter @anandabadudu dan Instagram @anandabadudu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X