Najwa Shihab: Ketika Tahu Ada 10 Nenek Moyang Dalam Darah Saya Rasanya...

Kompas.com - 18/10/2019, 12:50 WIB
Najwa Shihab. www.najwashihab.comNajwa Shihab.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jurnalis Najwa Shihab merupakan salah satu dari 16 relawan yang diteliti DNA-nya dalam sebuah kegiatan terkait asal usul orang Indonesia yang diinisiasi oleh majalah sejarah daring Historia.

Dari hasil penelitian, Najwa Shihab memiliki sepuluh fragmen DNA dari moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa.

Komposisinya sebesar 48,54 persen South Asian, North African 26,81 persen, African 6,06 persen, East Asian 4,19 persen, African Dispersed 4,15 persen, Middle Eastern 3,48 persen, Southern European 2,20 persen, Northern European 1,91 persen, dan Asian Dispersed 1,43 persen.

Baca juga: Najwa Shihab: Indonesia Bukan soal Keturunan dan Siapa Nenek Moyang Kita...

Terkait banyaknya fragmen DNA yang ada di dalam dirinya, Najwa merasa itu sebagai sebuah anugerah dan sudah selayaknya ia merayakan keberagaman itu.

"Bagaimana kita harus merayakan keberagaman, dan ketika saya tahu bahwa ada sepuluh nenek moyang di dalam darah rasanya itu betul-betul, ya, jadi merayakan sama-sama keberagaman yang ada di diri kita, lewat jalur apa pun, lewat cara apapun," ujar Najwa Shihab kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2019).

Mengetahui banyaknya fragmen DNA pada setiap orang membuat Najwa semakin yakin bahwa Indonesia adalah bangsa yang begitu kosmopolitan.

Baca juga: Tes DNA, Najwa Shihab Terkejut Gen Arab di Dirinya Hanya 3,4 Persen

Beragam etnis, suku, dan budaya hidup berdampingan selama berabad-abad lamanya.

"Ya ini memang memperkuat tesis tentang bagaimana kayanya Indonesia dan memperkuat tesis kepercayaan saya bahwa sesungguhnya kita Indonesia itu bukan keturunan siapa, bukan kita orang mana, bukan warna kulit kita, atau siapa nenek moyang kita," ucap Najwa Shihab.

Najwa mengatakan, Indonesia lahir dan tumbuh dari semangat perbedaan tersebut untuk bersama membangun sebuah bangsa yang mapan.

Baca juga: Asal-usul Ariel NOAH hingga Najwa Shihab Berdasarkan DNA, dari Manakah?

Bagi Najwa, kesadaran akan keberagaman mampu membuat kita berjalan bersama tanpa melihat latar belakang yang ada.

"Kita menjadi Indonesia karena kita sepakat ini rumah bersama yang menjadikan kita Indonesia, niat bersama untuk menjadikan rumah Indonesia bagi semua. Jadi kesadaran menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi semua itu yang menjadikan kita Indonesia tanpa melihat latar belakang kita," ujar Najwa Shihab.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X