Dari Musik Untuk Republik, Glenn Fredly Sampaikan Pesan untuk Jokowi-KH Ma'ruf Amin

Kompas.com - 20/10/2019, 18:19 WIB
Glenn Fredly usai tampil di Konser Musik Untuk Republik di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAGlenn Fredly usai tampil di Konser Musik Untuk Republik di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2019).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Glenn Fredly menyampaikan harapan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat tampil konser Musik untuk Republik di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2019).

Glenn menyampaikan harapannya itu melalui lagu "Tanah Perjanjian" yang berbicara tentang Papua.

"Karena judul acaranya Musik Untuk Republik. Papua penting dalam konteks ini. Papua itu representasi Indonesia bagian Timur dan saya pikir penting menyuarakan Indonesia bagian Timur," ucap Glenn saat ditemui usai penampilan.

Glenn sengaja membawakan "Tanah Perjanjian" yang mengangkat soal Papua untuk memberikan pesan kepada masyarakat luas akan arti pentingnya menjaga perbedaan.

Hal itu, kata Glenn, karena banyak pesan tersirat dalam lagu tersebut yang harus dikejar lima tahun ke depan oleh Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Seperti diketahui Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dilantik menjadi presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024 pada Minggu (20/10/2019).

"Bahwa pembangunan manusia itu harus dikejar sedemikian rupa supaya jalannya bisa tidak jauh lagi dengan apa yang ada di Baratnya karena Indonesia Timur itu secara historikal background bangsa ini tidak pernah lepas dari Indonesia bagian Timur," ucap Glenn.

Glenn tampil sekitar pukul 16.30 WIB dengan membawakan beberapa lagu, yakni Kelelawar, Tanah Perjanjian yang di-medley dengan "Yamko Rambe Yamko" dan ditutup dengan "Hikayat Cintaku".

Ketika ditanya kesannya tampil di Konser Musik Untuk Republik, Glenn merasa senang dan memberi apresiasi.

"Buat saya ini penting banget acara sore hari ini, menunjukkan bahwa musik enggak hanya sekadar hiburan tapi juga membangun narasi persatuan," ucapnya.

Oleh karena itu, Glenn menganggap musik bukan lagi sekadar hiburan. Melainkan sudah menjadi sarana penyampai pesan atas kondisi sosial.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X