Leila S Chudori
Penulis & Wartawan

Penulis, Wartawan, Host Podcast "Coming Home with Leila Chudori"

Si Pendatang Baru dari Tokyo

Kompas.com - 09/06/2021, 07:04 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PERKENALKAN Detektif Kyoichiro Kaga. Dia adalah seorang detektif yang baru saja dipindahkan dari kantor pusat ke kantor polisi di area Nihonbashi, Tokyo.

Detektif Kaga muncul di dalam novel "Newcomer" yang sudah diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Faira Ammadea menjadi "Pembunuhan di Nihonbashi" dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Di dalam novel ini Detektif Kaga digambarkan sebagai seorang polisi yang selalu tampil mengenakan T-shirt yang dilapis dengan kemeja lengan pendek.

Dia senantiasa menenteng-nenteng kantong plastik berisi oleh-oleh makanan untuk narasumbernya (calon tersangka), dan muncul begitu saja tanpa janjian.

Gayanya bertanya, tidak tampak seperti detektif biasa. Kasus pertama Kaga di area Nihonbashi adalah melakukan investigasi kematian Mineko Mitsui, seorang perempuan berusia 45 tahun yang tewas di apartemennya.

Penulis Keigo Higashino (dikenal di Indonesia dengan novel "Keajaiban Toko Kelontong Namiya") adalah salah satu penulis best seller Jepang yang sebelumnya dikenal telah menciptakan sosok detektif Galileo yang sudah diadaptasi menjadi serial televisi populer.

Sementara itu, dalam novel "Malice" dan "Newcomer", Keigo menciptakan sosok detektif Kaga yang kontras dengan sosok detektif lain yang kita kenal.

Gaya sang detektif biasa-biasa saja, santai, tetapi pertanyaan tajam dan mengutamakan gaya tradisional deduksi.

Kaga bukan seorang detektif yang punya kecenderungan agak gelap, seperti Sherlock Holmes; dia juga tidak eksentrik macam Hercule Poirot.

Justru karena dia tampil "biasa saja", tokoh ini malah asyik diikuti. Gaya bertanyanya yang membumi dan sederhana membedakannya dengan berbagai tokoh detektif dalam dunia fiksi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.