Kompas.com - 18/08/2021, 10:49 WIB
Grup band Voice of Baceprot  Firdda Marsya Kurnia (vokal dan gitar) , Euis Siti Aisyah (drum), Widi Rahmawati (bass) (kiri ke kanan) di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (22/4/2021). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOGrup band Voice of Baceprot Firdda Marsya Kurnia (vokal dan gitar) , Euis Siti Aisyah (drum), Widi Rahmawati (bass) (kiri ke kanan) di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Voice of Baceprot (VoB) merupakan grup band rock Indonesia yang dibentuk di Garut, Jawa Barat, pada 2014.

Formasi grup band tersebut diisi oleh tiga perempuan berjilbab, yakni Firdda Marsya Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass), dan Euis Siti Aisyah (drum).

Kata Baceprot berasal dari bahasa Sunda yang mengerti berisik. Hal tersebut dipilih untuk mewakili jenis musik yang diusung VoB.

VoB mulai mencuri perhatian setelah meng-cover lagu milik Rage Against The Machine pada 2015, yang menjadi populer di YouTube.

Oleh karena itu, ketiganya terus meng-cover lagu idola mereka, termasuk Red Hot Chili Pappers, Metallica, dan Slipknot, yang mendapat perhatian dari media lokal serta internasional.

Baca juga: Pilih Aliran Musik Metal, VoB: Itu soal Selera dan Kami Memang Cocok

Selain bakat musik yang mereka miliki, VoB dikenal karena kombinasi unik serta kontradiktif antara musik heavy rock/metal dengan penampilan mereka yang berhijab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mengenakan jilbab bukanlah halangan bagi kami untuk mengejar cita-cita sebagai musisi," kata Marsya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (18/8/2021).

"Kami bebas berekspresi lewat musik rock, sekaligus memenuhi tanggung jawab kami sebagai muslim," ujar Marsya lagi.

Oleh karena keunikan mereka, VoB dengan cepat menjadi viral di media sosial.

Hingga saat Guns N' Roses menggelar konser di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 2018, ketiganya secara pribadi diundang oleh gitaris Slash untuk bertemu di belakang panggung.

Baca juga: VoB Cerita Alasan Pilih Musik Metal dan Mengaku Kenyang akan Komentar Miring

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.