Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat dengan Musik Rekomendasi Ahli

Kompas.com - 29/10/2021, 14:05 WIB
Gabriella Lamba Rubak Allo,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hidup sehat menjadi hal yang sangat penting untuk beraktivitas. Seiring waktu, aktivitas yang dijalankan akan semakin banyak dan sibuk.

Saat ini, semakin banyak orang yang ingin menghilangkan rasa bosan dengan caranya sendiri, seperti meditasi, jalan santai, atau hal lainnya.

Penting untuk memulai gaya hidup yang sehat baik agar kesehatan fisik maupun mental dapat terjaga.

Oleh karena itu, Spotify kini telah memperbarui hub wellness-nya.

Lewat hub yang telah diperbarui ini, para pendengar kini dapat memiliki akses yang lebih baik dan mudah ke beragam koleksi konten terkait wellness.

Hal itu dilakukan untuk membantu mereka semakin terhubung dengan diri sendiri dan memprioritaskan kesehatan mental dan fisik mereka.

Spotify berkolaborasi dengan pakar di bidang wellness, Vanessa Budihardja-Barus, untuk memberikan beberapa saran mengenai bagaimana memulai gaya hidup yang lebih sehat dengan ditemani konten musik.

Berikut adalah empat cara untuk memulai gaya hidup yang sehat rekomendasi Vanessa.

1. Hanya butuh 5 menit

Sebelum melakukan kegiatan di pagi hari, luangkan waktu 5 menit untuk bermeditasi karena dapat membantu untuk menjernihkan pikiran kita sebelum memulai aktivitas.

“Pasang suara-suara yang menenangkan, seperti suara alam, suara latar, atau musik instrumental untuk membantumu tetap rileks namun tetap fokus saat bermeditasi. Jangan lupa siapkan tempat yang nyaman untuk menjernihkan pikiran agar merasa lebih tenteram dengan lingkungan sekitar,” saran Vanessa.

2. Bergerak

Lakukan gerakan seperti olahraga yang membuat kita berkeringat dan kelelahan. Atau bisa dengan berjalan kaki sekitar 10 menit mengelilingi sekitar rumah untuk menyegarkan pikiran kita.

“Jika kamu tidak tertarik dengan olahraga berintensitas tinggi, tidak masalah! Jangan pernah meremehkan manfaat dari jalan santai di pagi hari atau lari sore. Buatlah playlist yang berisi lagu-lagu favoritmu sebelum turun ke jalan,” ujar Vanessa.

“Nikmati waktu itu, dan selami pengalamannya! Tariklah inspirasi dari pemandangan dan suara-suara di sekitarmu atau bahkan dari playlist yang kamu buat untuk menemani aktivitasmu,” lanjut Vanessa.

3. Tuliskan

Tuangkan yang ada di pikiranmu melalui tulisan, baik itu tentang emosi, pikiran, maupun tujuan setiap harinya. Hal itu dilakukan untuk dapat lebih memahami diri sendiri dan lingkungan sekitar kita.

“Menulis dapat menghapus penghalang di kepala kita serta mengizinkan kita untuk menggunakan seluruh kekuatan pikiran kita. Dengan demikian, kita dapat lebih memahami diri sendiri maupun lingkungan sekitar dan mampu membuat diri kita berkembang,” kata Vanessa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com