Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwa K Akan Jalani Pemeriksaan Lanjutan di BNN

Kompas.com - 02/05/2017, 19:53 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Assessment Terpadu Badan Narkotika Nasional Kombes Pol Sutarso mengatakan bahwa rapper Iwa K (46) akan menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung BNN, Jakarta Timur, Rabu (3/5/2017).

Hari ini Selasa (2/5/2017), Iwa telah menjalani pemeriksaan di laboratoriun untuk assessment medis yang berkaitan dengan tes urine dan psikologi yang didamping psikiater.

"Hari ini kami lakukan assessment medis terkait dengan penggunaan narkotikanya," ujar Sutarso seusai memeriksa Iwa di Gedung BNN sore ini.

"Untuk assessment hukum akan kami lanjutkan besok pagi sampai selesai," lanjut dia.

[Baca juga: Iwa K Jalani Pemeriksan di BNN]

Sutarso menjelaskan bahwa assessment hukum akan melibatkan beberapa pihak.

Mereka adalah penyidik dari BNN, tim penyidik dari Polres Bandara Soekarno-Hatta, tim penyidik dari Bareskrim Polri, dan tim penyidik dari Kejaksaan Agung.

"Itu yang kami lakukan dari pagi sampai sore," kata dia.

[Baca juga: Pihak BNN: Ketika Diperiksa, Iwa K dalam Kondisi Stabil]

Sedangkan Sutarso mengatakan assessment medis hari ini adalah untuk mengetahui seperti penggunaan narkotika yang digunakan oleh Iwa.

Misalnya adalah jenis narkotika yang digunakan Iwa, berapa lama dan sejak kapan Iwa menggunakan, bagaimana aktivitas kerja dan sosialnya, hingga kehidupan masa kecil dan kesehatannya.

[Baca juga: Selesai Diperiksa BNN, Iwa K Kenakan Jaket Bertudung dan Masker]

"Hasil assessment medis maupun hukum akan kami gelar atau paparkan besok siang. Sehingga besok sore akan kami buat rekomendasi kepada penyidik. Hasil rekomendasi ini akan kami kirim untuk sebagai bahan penyidik untuk menentukan tindakan berikutnya," papar Sutarso.

Adapun Iwa hampir tiga jam kemudian menjalani pemeriksaan medis. Iwa keluar dari laboratorium dengan dikawal oleh pihak Polresta Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Iwa mengenakan kostum tahanan berwarna oranye dan jaket bertudung warna abu-abu. Kepalanya ditutupi dengan tudung jaket itu. Ia juga mengenakan masker warna hijau.

Pelantun lagu "Bebas" itu tak berkata apa pun dan hanya mengacungkan jempol tangan kirinya, ketika ditanya para wartawan tentang keadaannya setelah menjalani pemeriksaan oleh pihak BNN.

Iwa langsung menuju dan masuk ke mobil Toyota Camry warna hitam bersama pihak Polresta Bandar Udara Soekarno-Hatta.

Kompas TV Polisi Buru "Y" yang Memberi Iwa K Ganja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com