Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natalie Portman: Tak Ada Aturan Mengikat untuk Jadi Ibu

Kompas.com - 01/11/2013, 12:10 WIB
PARIS, KOMPAS.com -- Aktris Natalie Portman (32) merasakan tanggung jawab yang lebih besar saat berkeluarga. Apalagi, ia mengasuh sendiri anak semata wayangnya, Aleph (2), buah hatinya dengan koreografer Benjamin Millepied.

"Setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda ketika mengasuh anak. Dulu, sebelum mempunyai anak, saya tak punya banyak pertimbangan untuk mengambil keputusan. Ini berbeda dengan sekarang," ujar peraih Oscar 2011 lewat film Black Swan ini.

Portman memilih tak banyak aturan dalam mengasuh anak. Ia mencontohkan, sebagian ibu memberi ASI kepada bayinya sampai umur lima bulan, sebagian lain tak sampai lima bulan. Ada juga anggapan, perempuan harus berhenti bekerja saat mempunyai anak. Tetapi, ada pula orang yang berpendapat sebaliknya.

"Tak ada aturan mengikat untuk menjadi seorang ibu yang baik. Menjadi ibu itu serba menyenangkan, tak ada aturan. Maksud saya, selama pengasuhan orangtua tak menyakiti anak," katanya kepada The Telegraph.

Seperti anak pada umumnya, Portman pun mengidolakan orangtuanya. Orangtua mengajarinya nilai-nilai kebaikan sehingga bisa mandiri. Tak heran apabila dia meniru cara pengasuhan anak dari orangtuanya.

"Mereka adalah orangtua yang hebat. Pasangan sempurna yang saling mencintai, melengkapi, dan mengerti bagaimana melindungi anak," ujarnya. (People/SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com