Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolak Labu Kuning Danny "Java Jive"

Kompas.com - 16/07/2014, 16:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Tiap kali berbuka puasa, vokalis band Java Jive, Danny Sepriatna Gumilar (44), selalu mencari gorengan. Dia paling suka makan bala-bala, bahasa Sunda untuk makanan sejenis bakwan. Alhasil, dia hafal benar tempat-tempat penjualan bala-bala paling enak seantero Bandung.

"Duuhh, bala-bala di Bandung, tuh, enak banget. Luarnya kering renyah, tetapi dalamnya lembut dan empuk. Selain itu, sayurannya juga segar, tak pernah terasa asam atau basi. Pokoknya, kalau di Bandung makanan apa pun terasa lebih enaklah," katanya berpromosi.

Jika tak ada bakwan, dia mencari gorengan lain, seperti tahu goreng polos atau tahu isi. Setelah gorengan, hidangan berbuka puasa kesukaan Danny adalah kolak labu kuning.

"Kolak labu kuning buatan almarhum ibu saya yang paling enak. Labu kuning, yang sudah dikupas dan dipotong-potong, dimasak bersama serabut di dalamnya dan bijinya. Sedap banget," ujar Danny, Minggu (13/7/2014).

Menurut Danny, sampai sekarang, di mana pun dia tak pernah menemukan kolak selezat buatan sang ibu.

"Cara menyantapnya, labu dimakan duluan. Setelah itu baru serabutnya yang lembut, empuk, dan manis. Wah, luar biasa. Betul kata pepatah, save the best for last," katanya sembari mencomot sepotong tahu isi lagi. (TIA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com