Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terry Notary "Menyulap" Manusia

Kompas.com - 08/08/2014, 18:40 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Terry Notary adalah sosok di balik transformasi bentuk para bintang Hollywood. Dalam sekejap mata ia bisa 'menyulap' dirinya sendiri dan orang lain menjadi kera, peri, atau berbagai jenis makhluk bergerak lainnya.

Sebagai ahli penampil rekam gerak, spesialisasi Notary adalah membawakan karakter makhluk selain manusia menjadi hidup di layar lebar.

Di industri film besar itu ia tidak hanya mengajarkan para aktor/aktris Hollywood tentang mimik dan gerak tubuh agar mirip dengan karakter makhluk yang ingin ditampilkan, tetapi Notary juga bermain sebagai beberapa makhluk, seperti Goblins di film The Hobbit, karakter Whi di film How the Grinch Stole Christmas, dan Banshee—si naga bersayap di Avatar.

Sukses Notary sebagai ahli penampil dalam teknologi rekam gerak berlanjut di film Dawn of the Planet of the Apes.

Di film itu, Notary memainkan lebih dari 100 karakter primata. Ia juga mengajarkan para bintang film dan pemeran pengganti menemukan sisi-sisi primata mereka agar karakter kera yang ditampilkan menjadi berbeda antara satu individu dan individu lainnya.

Sebagai kera, Notary membutuhkan alat penyangga lengan yang berpegas. Dengan alat penyangga lengan ini, pemeran bisa berjalan membungkuk dengan bantuan tangan seperti kera pada umumnya.

Ia juga melatih gerakan kaki dan kelincahan simpanse melompat dari satu dahan ke dahan pohon lain.

Pria berpostur tidak terlalu tinggi ini pernah ikut Olimpiade saat berlatih sebagai pesenam di University of California Los Angeles (UCLA). Ia juga pernah bekerja di kelompok penampil akrobat Sirque du Soleil setelah lulus sarjana teater. Ia masuk Hollywood sebagai pemeran pengganti selama beberapa tahun sebelum akhirnya menjadi pelatih koreografi gerak untuk shooting rekam gerak.

Teknologi ini mengharuskan pemasangan kabel dan sensor di tubuh dan wajah para aktor agar setiap detail gerakan mereka bisa terekam kemudian direkonstruksi melalui teknologi computer-generated imagery (CGI).

"Saya adalah pengamat gerak dan tingkah laku yang baik. Saya rasa itulah kemampuan saya," kata pria berusia 45 tahun ini. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com