Kemahadahsyatan Alam Semesta

Kompas.com - 30/12/2020, 10:08 WIB
Ilustrasi galaksi. Galaksi adalah sekumpulan besar gas, debu, dan miliaran bintang, serta tata surya, yang semuanya disatukan oleh gravitasi. SHUTTERSTOCK/ZakharchukIlustrasi galaksi. Galaksi adalah sekumpulan besar gas, debu, dan miliaran bintang, serta tata surya, yang semuanya disatukan oleh gravitasi.

BAGI yang masih belum yakin bahwa manusia tidak bermakna apa pun dibandingkan dengan kemahadahsyatan alam semesta, silakan coba merasakan kemahadahsyatan apa yang disebut sebagai Galaksi Andromeda.

Kosmologi

Konon menurut para kosmolog, galaksi yang disebut sebagai Andromeda sebagai nama putri raja Cepheus dan ratu Kasiopeia dari kerajaan Aethiopia adalah galaksi terdekat dengan Galaksi Bima Sakti di samping satu di antara segelintir galaksi yang bisa dilihat dengan mata tanpa alat bantu dari planet bumi.

Baca juga: Peta Galaksi Bima Sakti Terungkap, Bumi Menuju Lubang Hitam?

Sebuah literatur menyebutkan, dalam 4,5 miliar tahun sejak masa kin, Galaksi Andromeda akan bertabrakan dengan Galaksi Bima Sakti yang diduga akan melebur menjadi sebuah galaksi eliptikal berukuran luar biasa.

Baca juga: Mengagumkan, Peta Galaksi Bima Sakti Ini Ungkap Pergerakan Miliaran Bintang

Galaksi Andromeda alias M31 ditemani 14 galaksi berukuran lebih kecil termasuk M32, M110 dan M33 alias Galaksi Triangulum. Andromeda bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan 100 sampai dengan 140 kilometer per detik.

Silakan hitung sendiri betapa besar jarak perjalanan Andromeda untuk mendekati Bima Sakti sehingga bertabrakan dalam waktu 4.500.000.000 tahun atau 45 juta abad lagi.

Hipotesa

Anggap saja usia manusia rata-rata maksimal sekitar 100 tahun alias satu abad maka masih ada waktu sampai 45 juta (!) generasi keturunan kita di masa depan secara berkesinambungan. 

Peta 3D galaksi Bima Sakti yang dirilis European Space Agency (ESA).ESA/Gaia/DPAC via NEW YORK POST Peta 3D galaksi Bima Sakti yang dirilis European Space Agency (ESA).

Sampai Andromeda menyatu dengan Bima Sakti, yang belum diketahui apakah benar-benar berhasil menyatu atau malah kiamat bagi Andromeda mau pun Bima Sakti.

Andaikata Bima Sakti bergerak dengan kecepatan yang sama dengan Andromeda maka Bima Sakti akan berjumpa Andromeda pada masa 4.500.000.000 tahun dibagi dua sama dengan 2.250.000.000 tahun lagi berarti juga masih cukup lama dari masa kini untuk terjadi.

Baca juga: Peneliti Temukan Galaksi Terjauh dan Tertua di Alam Semesta

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X