Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faith No More Reuni untuk Album Baru

Kompas.com - 04/09/2014, 21:06 WIB
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com -- Bagi Anda yang berusia 30-40 tahun tentu tidak asing lagi dengan Faith No More. Band rock asal San Francisco, Amerika Serikat, ini dianggap sebagai penemu aliran musik Nu Metal atau metal alternatif. Kelompok yang didirikan pada tahun 1982 dan pernah mencapai puncak tangga dunia dengan lagu "Epic" ini bubar pada tahun 1998.

Faith No More memperkenalkan lagu-lagu cadas dengan sentuhan rap pada liriknya. Dalam lagu "Epic", vokalis Mike Patton yang bersuara melengking ini menyanyikan beberapa bait lirik dengan ritme cepat. Gaya semacam ini kemudian riuh di awal tahun 2000-an dengan munculnya nama-nama band baru, seperti Limp Bizkit dan Linkin Park.

Namun, para penggemar Faith No More kali ini akan kembali mendengar lengkingan suara Mike Patton, karena tahun ini band tersebut akan reuni membuat album baru. Album ketujuh dan album pertama setelah 18 tahun bubar ini, menurut rencana, dirilis April 2015 mendatang.

Kepada Rolling Stone, pemain bas Bill Gould mengatakan, rekaman album terbaru mereka itu merupakan produk yang benar-benar independen. Gould berperan sebagai produser dan musik mereka direkam di bawah label sendiri bernama Reclamation Records.

Album ini nantinya akan didistribusikan oleh perusahaan rekaman milik Patton, Ipecac Recordings, yang telah lama malang melintang di dunia musik.

"Nama itu dipilih karena kami sekarang sudah bebas dari kewajiban terhadap perusahaan rekaman lain (yang selama ini mengurusi Faith No More)," kata Gould.

Album baru ini sekaligus menjadi tonggak bagi band yang digawangi Bill Gould, Mike Bordin (drum), Roddy Bottum (keyboard), Mike Patton (vokal), dan Jon Hudson (gitar).

Band ini juga berencana menggelar tur di Amerika untuk merilis album tersebut. Sejak mereka kembali ke panggung pada 2009, mereka hanya bermain di lima kota di Amerika.

Patton mengatakan, gaya bernyanyi mereka, yang ia sebut sebagai gaya Justin Bieber masa kini, pada tahun 1990-an masih dianggap aneh. Namun, kini Justin Bieber justru menjadi tren di kalangan musisi. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com