Tahun Baru Lebih Baik Ketimbang Tahun Lama

Kompas.com - 01/01/2021, 21:37 WIB
Suasana lengang di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (1/1/2021). Untuk mencegah kerumunan pada malam Tahun Baru 2021 dan penyebaran virus Covid-19, Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian ketat dan penutupan sejumlah lokasi mulai dari ruas jalan hingga fasilitas publik pada 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana lengang di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (1/1/2021). Untuk mencegah kerumunan pada malam Tahun Baru 2021 dan penyebaran virus Covid-19, Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian ketat dan penutupan sejumlah lokasi mulai dari ruas jalan hingga fasilitas publik pada 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021.

TERUS terang pada awal pagebluk corona mulai menerkam Indonesia, saya sangat egosentris mengkhawatirkan kesehatan diri saya sendiri. Usia saya sudah lanjut ditambah dua cincin sudah terpasang di kawasan jantung.

Tak hanya itu, empedu sudah dibuang dibuang akibat gangguan batu. Berat badan pun dianggap overweight . Rawan berbagai penyakit organik termasuk diabetes dan hipertensi.

Syukur

Maka setiap pagi saya bangun tidur dalam suasana serba cemas dan khawatir karena secara paripurna dan sempurna saya memenuhi segenap syarat untuk terpapar corona. 

Karena itu, saya sudah menyusun wasiat untuk mewariskan ribuan buku yang saya miliki kepada yang berkenan memustakakan buku-buku tersebut.

Baca juga: Selamat Tinggal 2020, Tahun Ojo Dumeh

Saya bersyukur, alhamdulillah bahwa ketika saya menulis naskah yang sedang Anda baca ini, ternyata saya masih hidup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepanjang tahun 2020 saya sehat walafiat serta segar bugar selalu. Berkat disiplin minum jamu. Cukup tidur minimal tujuh jam setiap malam.

Plus, ketat memenuhi protokol kesehatan 3-M, sambil menunaikan jihad al nafs menakhlukkan angkara murka nafsu konsumtif diri sendiri agar bisa bergaya hidup sak madyo demi menghindari sindroma konsumtivisme.

Demi menjaga kebugaran batin dan pikiran pada otak tua bangka saya, maka saya memaksakan diri untuk disiplin menulis setiap hari. Minimal satu naskah, bahkan kerap sampai empat naskah dengan berbagai tema saling berbeda satu dengan lainnya yang telah dipublikasikan oleh berbagai media.

Akibat work at home karantina diri takut tertular corona, maka saya memperoleh cukup banyak waktu untuk mempersiapkan minimal empat buku tentang anekaragam topik bahasan yang Insya Allah akan diterbitkan pada tahun 2021.

Prihatin

Acara gelar wicara Jaya Suprana Show dengan para tokoh nasional dan internasional tetap bisa diselenggarakan berkat dukungan teknologi telekomunikasi virtual.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X