Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Judge: Berdamai dengan Luka Lama

Kompas.com - 12/10/2014, 16:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Jalinan hubungan anak dan orangtua ibarat sebuah akar yang akan menentukan apakah si pohon kemudian tumbuh tinggi menjulang atau batangnya keropos termakan duka kehidupan. Seperti juga kebanyakan anak, mereka lebih mengingat luka hati ketimbang cinta orangtua. Dan, orangtua hanya bisa berharap, luka itu sembuh dengan berlalunya waktu.

Ketika pengacara tangguh asal Chicago, Hank Palmer (Robert Downey Jr), pulang ke kampung halaman di Indiana karena kematian ibunya, ia harus berhadapan dengan semua realitas yang sebetulnya ingin dia "hapus": sang ayah, hakim Joseph Palmer (Robert Duvall), yang sangat dihormati di kampungnya, tetapi sulit untuk mencintai dirinya, kakaknya Glen (Vincent D’onofrio) yang punya masa lalu bersama yang tragis, serta adiknya Dale (Jeremy Strong) yang mengalami keterbelakangan mental dan berkomunikasi dengan dunia luar lewat kamera video.

Film ini bergulir dari sudut pandang Hank, yang menganggap keluarganya mengalami disfungsi disebabkan sosok ayahnya yang otoriter, dingin, dan ambisius. Anggapan ini telah membekukan komunikasi di antara keduanya. Sampai kemudian terjadi tragedi itu. Sang ayah terkena tuduhan pembunuhan akibat tabrak lari. Hank dengan berat hati memilih menjadi pembelanya. Ini menjadi periode yang paling sulit bagi keduanya ketika harus mendatangi kembali luka-luka lama dan mencoba berdamai dengan masa lalu.

Kisah-kisah seperti ini banyak diangkat dalam film-film Hollywood, di antaranya August:Osage County yang dibintangi Meryl Streep. Namun, yang membuat film The Judge berbeda adalah kehadiran Robert Duvall yang menampilkan seluruh pesonanya sebagai pemain gaek (83 tahun) yang sudah makan asam garam kehidupan. Hanya dari tarikan bibirnya ataupun sorot matanya, kita sudah diajak untuk masuk ke dunia dalam seorang tua yang gelisah.

Pujian juga diberikan untuk Robert Downey Jr yang memiliki ciri khas Downey: bicara cepat dengan materi cerdas, emosinya turun naik, energik, dan kemampuannya mencuatkan humor dalam situasi pahit sekalipun. Meskipun, sesekali hal itu mengingatkan kita pada sosok Tony Stark dalam Iron Man ataupun sosok sang detektif dalam Sherlock Holmes.

Sayang sekali, kehebatan kedua aktor ini tidak didukung oleh plot cerita yang solid. Selain alurnya mudah ditebak, sutradara David Dobkin dan penulis skenario (Nick Schenk dan Bill Dubuque) juga ingin menjelaskan terlalu banyak hal. Tema persidangan yang "membungkus" drama keluarga ini akhirnya cuma jadi embel-embel meskipun sebetulnya sangat potensial untuk menjadi poin utama. Apalagi, di ruang sidang, Hank berhadapan dengan Dwight Dickham (Billy Bob Thornton) yang juga piawai.

Sejumlah adegan, seperti pertemuan kembali Hank dengan kekasih lamanya dan kencan dengan gadis muda yang ternyata anak temannya, yang mungkin sekadar untuk menunjukkan sisi playboy Hank, malah mengaburkan fokus cerita. Alhasil, film ini tidak menghasilkan klimaks.

Toh, The Judge tetap menarik. Inilah kesempatan kita menyaksikan adu akting Duvall-Downey yang memikat dan mungkin tidak akan pernah kita lihat lagi. Bagi mereka fans The Godfather dan terpikat karisma Duvall sebagai sosok Tom Hagen, di sini kita bisa bernostalgia dengan sang legenda yang aktingnya paripurna. (MYR)

The Judge
Sutradara: David Dobkin
Skenario: Nick Schenk, Bill Dubuque
Pemeran: Robert Downey Jr, Robert Duvall, Vera Farmiga, Vincent D’onofrio, Jeremy Strong, Billy Bob Thornton
Produser: David Gambino, Susan Downey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com