Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ben Affleck, Aktor Serba Bisa

Kompas.com - 20/01/2015, 19:30 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktor Ben Affleck mampu membuktikan bahwa ia tidak hanya laris di depan kamera. Setelah terjun di belakang layar sebagai sutradara dan produser, Affleck terbukti mampu memproduksi film-film berkelas, sebagian bahkan layak mendapat penghargaan.

Masih ingat film Argo? Film tentang pembebasan diplomat Amerika Serikat yang sedang bertugas di Iran dalam situasi konflik pasca penggulingan Syah Iran ini diproduksi dan disutradarai sendiri oleh Affleck. Argo diproduksi pada 2012 dan mampu menyabet Oscar sebagai film terbaik di ajang penghargaan bergengsi tersebut.

Affleck termasuk aktor serba bisa. Sejak 2007, ia mulai memproduksi sendiri film-filmnya, dimulai dari film Gone Baby Gone. Ia tidak hanya mencari uang untuk membiayai filmnya, tetapi juga bertindak sebagai penulis skenario dan sutradara sekaligus pemeran.

Tahun ini, suami Jennifer Garner ini mulai menyiapkan film terbarunya bersama rekan lamanya, David Fincher. Kali ini, Affleck melirik film lama milik Warner Bros yang disutradarai Alfred Hitchcock, sutradara superkondang, yakni Stranger on the Train.

Seperti ditulis rollingstone.com, bersama Gillian Flynn, Affleck akan membuat ulang Stranger on The Train dengan gaya kontemporer. Ia akan membawa kisah Hitchcock itu ke masa kini dengan judul film yang dipelintir menjadi Stranger on the Plane. Affleck akan memerankan sendiri tokoh utama di film tersebut.

Affleck mengatakan, ide untuk membuat ulang karya Hitchcock ini sudah lama ia bahas bersama rekan-rekannya. Namun, masih ada kendala untuk mewujudkannya.

Di tengah ide menggarap film Hitchcock, Affleck masih menyimpan obsesi untuk menggarap film tentang Kongo Timur, salah satu negara di Afrika yang terus berkelindan dengan konflik perang saudara di antara limpahan kekayaan minyak yang dimiliki negara itu. Affleck terinspirasi menggarap Kongo Timur setelah terlibat langsung mendanai organisasi kemanusiaan Eastern Congo Initiative.

Keterlibatan Affleck di berbagai organisasi kemanusiaan inilah yang membuat ia bersiap menerima penghargaan Valentine Davies 2015 dari The Writers Guild of America West, serikat pekerja di industri film, televisi, dan media baru. Affleck dipilih karena upaya-upayanya untuk mendukung gerakan kemanusiaan di seluruh dunia. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com