Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meda Kawu: Buku dan Lajang

Kompas.com - 01/04/2015, 17:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS -- Penyanyi pop Meda Kawu (31) pernah grogi tampil di hadapan penulis beken. Namun, justru dari situ, ia tak bisa berhenti bernyanyi di berbagai acara bagi para penulis.

"Waktu itu sempat grogi karena penontonnya adalah orang-orang serius. Aku ragu juga apakah mereka mengerti atau tidak dengan lagunya. Tapi ya aku berusaha percaya diri aja," kata Meda menceritakan pengalamannya tampil di Adelaide Writers Festival, Australia, awal tahun lalu.

Saat itu, Meda tampil bareng penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata, menyanyikan lagu "Negeri Laskar Pelangi". Andrea, yang juga menulis liriknya, memetik gitar. Salah seorang penulis yang bukunya digemari Meda, Thomas Keneally, hadir pada acara itu.

"Ternyata sambutannya baik. Setelah itu malah jadi terus-terusan," ujar Meda saat berjumpa di Bandung, Minggu (28/3/2015).

Duet Andrea dan Meda makin sering tampil dalam acara promosi buku di sejumlah negara, seperti Jepang dan Abu Dhabi. Acara promo itu seperti oase bagi kesenangannya yang lain, yaitu jalan-jalan. Ia mengaku sudah berkunjung ke banyak negara dan benua, kecuali Amerika dan Afrika.

Penyanyi yang belajar menyanyi dan merawat suara di Singapura ini mengeluarkan album Single People in The World berisi lima lagu pada 2014. Dua lagu di dalamnya ia tulis sendiri, yaitu "I'll Remember You" dan "Laguku". Ia mengampanyaken album itu sebagai mars para jomblo alias lajang. Ia pun penasaran dengan taman jomblo yang ada di Bandung.

"Mungkin seharusnya aku tinggal di Bandung ya, karena punya taman buat para jomblo," katanya senyam-senyum. (HEI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com