Berbincang tentang Romo Mangun dengan Joko Pinurbo

Kompas.com - 16/12/2020, 06:24 WIB
Coming Home with Leila Chudori, Season 5 feat. Joko Pinurbo DOK. LEILA S CHUDORIComing Home with Leila Chudori, Season 5 feat. Joko Pinurbo

1999, Hotel Le Meridien.

KAMI tengah beristirahat setelah sesi pertama sebuah diskusi dunia perbukuan. Saya sendiri hadir sebagai salah satu pembicara di sesi berikut ketika saya melihat YB Mangunwijaya alias Romo Mangun--demikian panggilan akrab beliau—berbincang dengan kolumnis M Sobary dan beberapa orang lain, membentuk lingkaran kecil.

Saya hanya mengangguk dari jauh kepada keduanya.

Tak lama, tiba-tiba saja heboh, Romo Mangun tampak terkulai dan segera ditangkap oleh penulis M Sobary. Beliau segera dibawa ke klinik hotel dan hanya beberapa saat beliau ternyata sudah pergi ke alam baka.

Belum pernah saya mengalami sebagai saksi seseorang yang mengembuskan napas akhir, sehingga pengalaman ini tak pernah hilang dari benak saya.

Seperti halnya tak pula hilang kenangan Romo Mangun yang ikut duduk bersila di lantai sayap kanan Teater Tertutup Taman Ismail Marzuki (saking penuhnya yang hadir) di Kongres Kebudayaan 1986.

Kami tertawa kecil menyaksikan Sutan Takdir Alisyahbana yang menggerutu dengan penggunaan kata "pantau"--yang menurut beliau tak bisa dijamin itu berarti "monitor".

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lahir tahun 1929 di Ambarawa, Yusuf Bilyarta Mangunwijaya yang dikenal sebagai Romo Mangun adalah seorang rohaniwan, seorang arsitek, aktivis dan tentu saja sastrawan yang sudah menghasilkan belasan buku.

Salah satu karya Romo Mangun yang dikenal melalui novelnya yang berjudul "Burung-Burung Manyar".

Novel ini mengambil setting di masa penjajahan Belanda dan mengantarkannya pada penghargaan sastra seAsia Tenggara Ramon Magsaysay pada tahun 1996.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X