Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratna Listy Bekali Anak dengan Mental Juara

Kompas.com - 06/04/2015, 22:30 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi, pemain sinetron, dan presenter Ratna Listy (41) mengungkapkan bahwa sebagai orangtua ia membekali anaknya yang sedang meniti karier di dunia tarik suara, Swara Reiki January, dengan mental juara.

"Aku membekali Reiki dan adiknya juga dengan mental juara. Aku bilang ke dia, 'Jadi penyanyi enggak cukup suara bagus, tapi juga harus mau bekerja sama dengan orang lain, menghargai orang lain, dan juga rendah hati.' Misalnya dia capek, ya harus sabar, pantang menyerah. Semua harus melalui proses dan tantangannya," tutur Ratna ketika ditemui seusai jumpa pers  soft launching album Lagu Anak Nusantara di Studio Gaharu, Cipete, Jakarta Selatan.

Raiki, putra sulung Risty, ikut menyumbang vokalnya untuk lagu yang berjudul "Super Hero" ciptaan Zee Bee dalam album Lagu Anak Nusantara. Reiki berkesempatan menyumbang suaranya dalam album tersebut setelah dirinya masuk tahap seleksi 10 besar pada Lomba Penyanyi Anak, yang diadakan oleh Kemendikbud 2012.

Keikutsertaan Reiki itu tidak lepas dari pengaruh ibunya yang mengajarkan ia untuk membangun karier dari nol.

"Reiki terjun di dunia entertainment kayak aku. Tapi, aku enggak mau bawa dia lewat jalan pintas. Aku ingin ngajarin dia dan juga adiknya bahwa proses perjuangan itu lebih berharga. Caranya, ya konvensional, seperti ikut lomba-lomba, biar dia tahu arti proses dari antri sampai  capek dan kepanasan di antrean itu," tutur Ratna.

Reiki, lanjut Ratna, harus menikmati setiap proses demi meraih mimpinya, karena menikmati proses itu penting bagi perjalanan karier daripada meraih keberhasilan secara instan.

"Yang diraih cepat itu lewatnya juga cepat. Kalau lewat proses panjang dan dengan kerja keras, insya Allah hasilnya juga langgeng," tekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com