Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alyssa Soebandono Pilih ASI Eksklusif Selama 2 Tahun

Kompas.com - 24/08/2015, 21:49 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Alyssa Soebandono (23) atau Ica, berencana untuk memberikan air susu ibu atau ASI secara eksklusif kepada anaknya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino, selama dua tahun.

"Sekarang masih ASI. Insya Allah rencananya dua tahun," ujar Alyssa dalam wawancara usai mengisi acara Mahadaya Cinta 26 RCTI, di Lapangan Polri Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (23/8/2015).

Tak hanya memberikan ASI ekslusif, istri artis peran Dude Harlino ini juga menerapkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) kepada anaknya. Menurut dia, saat sang anak mulai aktif dan kerap memasukkan benda atau makanan apapun ke mulutnya, MPASI merupakan langkah yang tepat untuk diterapkannya.

"Sekarang fase Rendra suka masukin semuanya ke mulut. Jari tangan, baju, bantal, tangan kami juga dimakan," ujar bintang film Bunga Di Tepi Jalan tersebut.

Alyssa bersama suami sepakat melakukan program MPASI setelah mempelajarinya melalui artikel internet, membaca buku, dan berkonsultasi kepada dokter ahli. Dari hasil pelajaran yang didapatnya, Alyssa kini memahami metode baby led weaning atau BLW.

Kata Alyssa, dalam metode tersebut bayi tidak diberikan makanan-makanan yang lembek atau makanan halus. Melainkan, langsung diberi makanan-makanan yang padat seperti sayuran dan buah-buahan.

"Awalnya kami memang kasih yang lembek. Cuma, kami membiarkan anak bereksplorasi dengan makanannya. Jadi, dia yang pegang sendiri. Buah dan sayur yang terutama," ucap Alyssa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com