J Mono "Neurotic": Keragaman Menjadi Tantangan - Kompas.com

J Mono "Neurotic": Keragaman Menjadi Tantangan

Yulianus Febriarko
Kompas.com - 09/09/2015, 22:59 WIB
KOMPAS.com/Yulianus Febriarko Artis musik Jonathan Mono dari grup band Neurotic diabadikan usai wawancara di fX Mall, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis band Neurotic, Jonathan Mono atau J Mono "Neurotic" menilai keragaman musik di Indonesia saat ini bisa menjadi pemicu bagi kebangkitan industri musik Tanah Air.

"Industri musik di Indonesia bisa dibilang saat ini beragam dengan banyaknya band atau musisi dari berbagai genre yang mencoba mengenalkan musik dengan cara mereka sendiri. Masing-masing punya cara mereka sendiri untuk mengenalkan caranya jadi belum ada blueprint atau pakem tertentu," kata Mono dalam wawancara di fX Mall, Sudirman, Rabu (9/9/2015).

Dengan keragaman jenis musik tersebut, lanjut Mono, artis-artis musik Indonesia akan menjadi lebih kreatif dalam berkarya. "Kalau konteksnya industri musik, mungkin industri musik di Indonesia bisa lebih hidup dengan keragaman ini. Artinya setiap musisi dituntut untuk berkarya dan berpikir kreatif. Nah, nanti imbasnya bisa menghidupkan apa yang disebut industri ini," tuturnya.

"Esensinya ya keragaman itu," imbuh Mono.

Kendati demikian, kemajuan hanya akan tercipta jika para artis musik terus berkarya dan bekerja keras demi mengenalkan dan memasarkan karya-karyanya. "Semua enggak bisa ngejamin sih kalau tiap musisi bakal berhasil. Tapi, dengan keragaman itu justru menjadi tantangan bagi para musisi sendiri untuk bisa berkarya dan bagaimana cara mereka mengenalkan karya mereka," ujar Mono.

PenulisYulianus Febriarko
EditorIrfan Maullana
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM