Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andre Hehanusa Kembali Berkarya karena Anak

Kompas.com - 02/10/2015, 09:33 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Sempat rehat dari belantika musik Tanah Air selama enam tahun, penyanyi solo Andre Hehanusa (51) akhirnya kembali dengan karya barunya. Sebuah album berjudul All About Love dipersembahkan Andre untuk penyuka musiknya. Pelantun "Bidadari" ini mengatakan, ada satu hal yang menjadi pemicu dirinya terjun lagi di industri musik. Apakah itu?

"Anak saya trigger-nya. Anak saya ada dua, satu tamat SMA, satunya tamat SMP," tutur Andre dalam jumpa pers peluncuran klip video single terbarunya "All About Love" di Hard Rock Cafe, SCBD, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Andre mengaku memilih vakum bermusik karena tak ingin melewatkan tumbuh kembang kedua anaknya. Ia ingin hadir sebagai seorang ayah seutuhnya bagi mereka. Saat mereka sudah memasuki usia remaja dan dewasa, Andre merasa inilah waktunya untuk kembali ke dapur rekaman. Apalagi, kira-kira setahun yang lalu salah seorang anaknya bercerita bahwa dalam acara wisuda sekolahnya ada seorang temannya yang memainkan lagu "Karena Kutahu Engkau Begitu" alias KKEB yang dulu populer bersama Andre.

Berdasarkan cerita tersebut, kedua anaknya meminta agar Andre kembali melahirkan karya-karya baru. "Mereka bilang, 'Ayah please jangan itu-itu lagi dong lagunya. Lagu memori terus'. Itu saya tampung. Saya terus punya studio musik sendiri," kata dia.

Akhirnya, Andre berkesempatan membuat album dengan menggandeng PT Royal Prima Musikindo (RPM) pada November 2014 lalu. Sebuah album berisi sembilan materi lagu dikerjakannya hingga rampung pada Mei 2015.

Dalam perjalanannya, Andre berharap bahwa dengan kembali berkarya dirinya bisa mengembalikan semangat bermusik era 1980-an dan 1990-an ke masa kini. "Di samping anak saya trigger-nya. Saya pengin ada energi musik 80-an dan 90-an bangun lagi. Ayo bikin lagi. Fariz RM dari penjara pun masih bisa bikin. Ini saya harap juga jadi awal supaya teman-teman musisi 80-an dan 90-an comeback," kata Andre.

"Tidak ada masalah dengan musik sekarang. Cuma kalau era 80-an dan 90-an itu untuk Indonesia itu salah satu era revolusi industri musik," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com