Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Film "The Matrix" Resmi Jadi Perempuan

Kompas.com - 09/03/2016, 21:24 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Sutradara film Matrix, Andy Wachowsky, pada Selasa (8/3/2016) muncul kembali di hadapan publik sebagai seorang perempuan dengan nama Lilly.

Perubahan Andy menjadi sosok baru ini hanya terpaut dua tahun setelah rekannya, sesama sutradara Matrix sekaligus saudaranya, juga memilih menjadi perempuan dengan nama Lana.

Lilly (48) memberikan pernyataannya kepada majalah LGBT terbitan Chicago, The Windy City Times, setelah sebelumnya dia didekati jurnalis dari harian The Daily Mail.

"Kejutan perubahan jenis kelamin, Wachowski bersaudara kini menjadi perempuan!!!" demikian headline mengenai pernyataan sang sutradara yang dikirim kepada The Windy City Times.

"Itu adalah kepala berita yang saya tunggu selama ini," kata Andy Wachowsky alias Lilly.

Lilly mengatakan, dia memutuskan untuk memberikan pernyataan publik setelah seorang wartawan harian Daily Mail yang berbasis di London menyambangi dia di kediamannya.

"Dia menjelaskan bahwa saya harus duduk bersamanya esok atau lusa atau pekan depan sehingga bisa memotret saya, dan agar saya menceritakan kisah saya," kenang Lilly.

"Menjadi seorang transjender tidak mudah. Kami tinggal di dunia yang secara mayoritas hanya mengenal adanya dua jenis jender," tambah dia.

Artinya, lanjut Lilly, seorang transjender harus menghadapi kenyataan sulit, yaitu menjalani hidup di dunia yang pada dasarnya menentang keberadaan kelompok transjender.

Lilly mengatakan bahwa dirinya sudah mengalami "transisi". Namun, dia tidak mengatakan secara spesifik soal operasi ganti jenis kelamin.

"Saya sadar, suatu hari, saya harus mengumumkan hal ini secara publik," ujar dia.

"Saya hanya butuh waktu untuk memahami semua ini dan merasa nyaman. Namun, tampaknya saya tak bisa mendapatkan semua itu," lanjut dia.

Sebelumnya, sang saudara, Lana (50), atau sebelumnya Larry, sudah lebih dulu memilih berganti jenis kelamin pada 2012.

Selama beberapa tahun, perubahan jenis kelamin Larry menjadi sekadar rumor karena, di dalam kontrak kerjanya, Lana selalu menekankan bahwa dia tak bersedia melayani wawancara.

Sebuah artikel di media terbitan New York kemudian menunjukkan bahwa Larry telah berpisah dengan istrinya saat merampungkan dua sekuel terakhir trilogi The Matrix selepas menderita depresi dalam waktu lama.

Pada 2009, Larry akhirnya bercerai, memulai hidupnya sebagai Lana, dan menikahi seorang perempuan.

Kedua Wachowski sudah membuat film bersama sejak 1996. Namun, nama mereka sangat dikenal saat menggarap trilogi The Matrix yang dibintangi Keanu Reeves.

Film ini sangat sukses dengan meraup lebih dari 1,4 miliar dollar AS dalam pemasarannya di seluruh dunia.

Beberapa film garapan mereka antara lain Cloud Atlas, Jupiter Ascending, kemudian menjadi produser dan penulis dalam film V for Vendetta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com