Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Billy "BdaBX" Sebarkan Virus "Beatbox"

Kompas.com - 31/05/2016, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Billy "BdaBX" (35) getol menyebarkan "virus" beatbox, musik dengan bebunyian dari mulut, ke pelosok Nusantara. Melalui komunitas Indo Beatbox, musik jenis itu disebarkan.

"Lewat komunitas, mereka punya wadah untuk belajar beatbox, punya tempat untuk perform. Jadi, enggakhanya di kamar aja," ungkap Billy saat ditemui di salah satu acara Beatbox Battle di Cafe 3.11, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (28/5/2016).

Pria yang memiliki nama lengkap Willem Carolus Christopherson itu mengaku melebarkan sayap komunitasnya sampai di pelosok Nusantara. Tercatat sekitar 190 komunitas beatbox yang ada hampir di setiap provinsi.

"Media sosial jadi cara mereka untuk menyebarkan ini. Ini bukan hanya hobi, melainkan bisa jadi gaya hidup," ungkap pria yang berasal dari Papua tersebut.

Menurut Billy, dengan belajar beatbox, anak muda bisa menghasilkan uang dari kreasi musik yang dibuat.

"Sajian musik ini murah. Untuk sewa band, orang harus keluarkan biaya untuk alat dan pemainnya. Kalau beatbox, biaya hanya untuk satu orang," jelasnya. (IDO)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 31 Mei 2016, di halaman 32 dengan judul "Sebarkan Virus "Beatbox"".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com