Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trie Utami Makan Rotan

Kompas.com - 18/07/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Trie Utami menyukai makanan tradisional setiap kali berkunjung ke kampung-kampung di Nusantara.

Saat datang ke Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, misalnya, dia selalu mencari dan menyantap sayur rotan muda, masakan khas provinsi itu.

"Kalau makan bambu atau rebung, itu biasa. Kalau makan rotan, itu titiknya ekstrem. Asyik. Jadi, sensasinya makan rotan itu... wow!" kata Trie di sela-sela acara Festival Kampung Buntoi 2016, Jumat (15/7/2016).

Menurut Trie, makan rotan adalah sesuatu yang istimewa dan langka karena bagi dirinya rotan tidak bisa disantap setiap hari serta harus datang ke Kalimantan Tengah.

"Rotan itu biasanya gue dudukin, tetapi di sini dimakan. Artinya, itu sulit didapat. Jadi, makan rotan itu mahal karena harus datang ke sini. Tidak bisa setiap hari," tuturnya.

Trie Utami datang ke Buntoi sejak Kamis (14/7/2016) bersama sang suami, Rully Fabrian, serta sejumlah inisiator Jaringan Kampung Nusantara.

Ini komunitas yang mendorong masyarakat agar kembali pada akar dan kebudayaan masing-masing.

Bagi Trie, manusia itu bagaikan pohon yang akan hidup jika memiliki akar dan tumbuh di tanah. Tanah merupakan kampung halamannya sendiri.

"Tugas kami sebagai pembakti di Jaringan Kampung Nusantara adalah menyemangati, mendorong, dan mengangkat upaya masyarakat untuk mengakarkan kembali kepada asalnya," ujarnya. (DKA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 18 Juli 2016, di halaman 32 dengan judul "Makan Rotan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com