Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nominasi Film Terpuji FFB Didominasi Film Berpenonton Kurang

Kompas.com - 10/08/2016, 17:33 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Festival Film Bandung (2016) mengumumkan nominasi film terpuji tahun ini. Dari lima film yang diumumkan, beberapa di antaranya bukan film yang populer di pasaran.

Lima film yang masuk nominasi film terpuji FFB 2016 yakni pertama, 3 produksi FAM Picture dan MVP Pictures. Kedua, Aisyah Biarkan Kami Bersaudara produksi Film One Production. Ketiga, film Jingga produksi Lola Amaria Production. Keempat, My Stupid Boss produksi Falcon Pictures. Terakhir, Rudy Habibie (Habibie dan Ainun 2) produksi MD Pictures.

Ketua Umum FFB, Eddy D Iskandar mengatakan, banyak film bagus di Indonesia yang luput dari perhatian. Itu terbukti dari film-film yang masuk nominasi didominasi film yang kurang penontonnya di bioskop.

"Film bagus tapi kurang penontonnya. Seperti film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara, itu bagus. Film 3 dan Jingga juga bagus. Tapi penontonnya kurang," ucap Eddy seusai acara pengumuman nominasi FFB di Bandung, Rabu (10/8/2016).

Eddy mengungkapkan, kelima film ini merupakan hasil penyaringan dari 115 judul film nasional yang diamati selama 11 bulan dari 2015-2016.

"Dalam satu tahun pengamatan 2015-2016 FFB mengamati 115 judul film nasional, 36 judul serial TV, 384 judul FTV (sinetron lepas), dan 166 judul film impor," tuturnya.

Eddy mengatakan, dari 115 judul, kurang dari 10 film yang penontonnya banyak. Bahkan yang penontonnya di atas 1 juta, hanya 6 film.

Dilihat dari jumlah penonton, 10 besar film dengan jumlah penonton terbanyak menyiratkan keberagaman genre. Namun porsi penonton remaja mendominasi raihan penonton terbanyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com