Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luna Maya Punguti Sampah di Pantai Lombok

Kompas.com - 17/10/2016, 09:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berniat liburan, artis peran Luna Maya justru sibuk memungut sampah plastik.

Hal itu ia alami ketika mengunjungi pantai Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), beberapa waktu lalu.

"Berenang-berenang, tiba-tiba ada sampah gitu. Kemarin di Lombok ada banyak plastik," kata Luna dalam wawancara usai menjadi bintang tamu Aladin Travel di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10/2016).

"Lagi berenang tiba-tiba ada apa ini? 'Waduh'. Di pantai duduk, ada plastik. Jadi sambil jalan aku ambil plastik," tambahnya.

Luna juga meminta bantuan beberapa anak-anak yang bermain di pantai untuk ikut memungut sampah plastik yang mengotori pantai.

"Di sana (pantai Lombok) ada anak-anak kecil, aku suruh ambil plastik, satu plastik Rp 100. Tapi kan kita enggak bisa terus suruh orang. Kita harus lakukan sesuatu gitu. Kalau kita merasa enggak nyaman, ya kita pungutin sendiri," ucapnya.

Perempuan kelahiran Denpasar ini pun menyayangkan kondisi pantai yang kotor karena orang-orang masih membuang sampah sembarangan.

Ia merasa tingkat kepedulian dan kesadaran sebagian masyarakat juga masih rendah.

"Aku pikir kesadarannya kurang. Alam kan gratis dari Tuhan. Harusnya turis dan masyarakat ikut membersihkan, bukan cuma harapkan pemerintah. Kalau enggak nyaman, ambil pungut. Itu harus disadari," ucap Luna.

"Kan sampah tidak bisa dilebur, butuh 100 tahun. Kasihan kan. Kura-kura kemasukan sedotan. Hewan lalu mati karena (karena) makan plastik. Rumah di pinggir laut bukan berarti laut itu tempat sampah. Sayang banget," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com