Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Bedah Saraf Jupe Jadi di Perut, Bukan di Tulang Belakang

Kompas.com - 31/12/2016, 10:07 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Rekan penyanyi dangdut dan artis peran Julia Perez (36) alias Jupe, Lia, mantan personel trio dangdut Trio Macan, mengatakan Jupe menjalani bedah saraf perut, bukan saraf tulang belakang yang direncanakan sebelumnya.

Berdasarkan keterangan dokter yang didapat oleh Lia dari dokter yang menangani Jupe, tindakan itu dilakukan untuk kepentingan Jupe beragkat umrah pada 2 Januari 2017.

"Ya, itu buat persiapan umrah dulu, biar nanti di sana bisa kuat, kayaknya deh. Kalau operasi tulang belakang kan Jupe enggak bisa jalan nanti," kata Lia usai menunggu Jupe selesai dioperasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Jumat (30/12/2016) malam.

Lanjut Lia, bedah saraf perut itu dilakukan untuk menghambat sementara rasa sakit yang dialami oleh Jupe karena kanker serviks stadium empat yang dideritanya.

Dengan begitu, sambung Lia, Jupe bisa menjalankan ibadah umrah.

"Mbak Jupe semangatnya besar banget karena mau umrah. Jadi, memang sudah manasik juga. Mungkin ini operasinya buat persiapan umrah, biar ibadahnya enggak terganggu. Makanya, ditunda dulu untuk operasi yang tulang belakang," katanya lagi.

Mengenai jadwal Jupe akan menjalani operasi selanjutnya, Lia mengaku belum mendapat informasi dari dokter dan keluarga rekannya itu.

"Mudah-mudahan ada mukjizat, bisa sehat setelah umrah kan. Karena, kalau orang sudah umrah, apa pun bisa terjadi. Aku berharap enggak dioperasi lagi," ujar Lia.

Bedah kali ini merupakan operasi saraf kedua yang dijalani oleh Jupe.

Kanker serviks membuat Jupe sering kesakitan luar biasa pada bagian perut, punggung, dan kakinya. Ketika merasa sakit itu, ia mau tak mau harus mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Namun, mengonsumsi obat terus menerus itu bisa berdampak buruk terhadap kesehatannya.

Oleh karena itu, dilakukan bedah saraf pada bagian-bagian tersebut guna menghambat sementara rasa sakit yang dialami oleh Jupe tanpa harus terus menerus mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com