Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Veteran Sir John Hurt Tutup Usia

Kompas.com - 28/01/2017, 12:40 WIB
Irfan Maullana

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Aktor veteran Sir John Hurt meninggal dunia dalam usia 77 tahun, demikian kata agen yang menanganinya seperti dilansir BBC, Sabtu (28/1/2017).

Pemenang penghargaan Bafta yang dikenal bermain dalam film Alien dan The Elephant Man itu didiagnosa menderita kanker pankreas pada 2015 lalu. Kendati demikian, ia tetap melakoni kegiatan keartisannya seperti biasa.

Bahkan, baru-baru ini Hurt ikut terlibat peran sebagai ayah dari Richard McSorley dalam film Jackie, sebuah biopic yang mengisahkan kehidupan istri Presiden John F Kennedy.

Sutradara asal AS, Mel Brooks, mendeskripsikan Sir John sebagai "sineas abadi" berkat kontribusinya selama ini di dunia perfilman.

Dia merampungkan seluruh pekerjaannya pada Oktober 2015, tetapi pada akhir tahun lalu Sir John keluar dari produksi The Entertainer karena alasan kesehatan.

Atas saran dokter yang menanganinya, Sir John memutuskan untuk tidak melanjutkan peran sebagai Billy Rice dalam film yang diproduksi Sir Kenneth Branagh.

Melalui akun Twitter miliknya, Brooks memberi penghargaan tinggi kepada Sir John, yang turut membintangi film komedi Spaceballs.

"Tak ada yang mampu bermain dengan penuh kenangan dalam The Elephant Man."

"Dia menggiring film itu dalam keabadian. Dia akan selalu dikenang," lanjutnya.

Bintang film Lord of the Rings, Elijah Wood, mengatakan, "Sebuah kehormatan bisa mendapat kesempatan menonton karyamu, Tuan."

Aktor Inggris Alfred Molina mengatakan bahwa Sir John adalah, "Salah satu aktor berprestasi, salah satu yang terbaik, di setiap masa."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com