Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Fest Asia 2017, Melting Pot Para Kreator Konten Digital di Asia

Kompas.com - 05/06/2017, 13:48 WIB
Sintia Astarina

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com – Siapa sangka para kreator konten YouTube se-Asia bisa bertemu satu sama lain dengan nuansa hiburan yang menyenangkan.

Hal itu hanya ada di Viral Fest Asia (VFA) 2017 yang diadakan di Show DC, Bangkok, Thailand, 2-3 Juni 2017.

Tak hanya melalui percakapan basa-basi soal apa yang dikerjakan di YouTube, tapi para kreator juga bisa saling unjuk bakat lewat musik, tarian, juga seni lainnya. Bahkan, tak sedikit kreator yang kemudian berkolaborasi.

Melting pot

Yang menarik dari acara ini ialah VFA 2017 seolah menjadi melting pot bagi banyak orang –terutama anak muda— untuk bisa saling mengenal kebudayaan negara-negara di Asia.

Sebab, para penampil yang memeriahkan panggung VFA 2017 selalu menyelipkan identitas negara masing-masing.

Kendati membawa ciri khas sendiri-sendiri, tentunya mereka juga menyajikan hal-hal universal dari segi musik, tarian, hingga bahasa.

Hal ini membuat keseluruhan isi VFA 2017 bisa melebur jadi satu dan tak sulit untuk memahami keunikan Asia

Sebagai contoh, grup idola asal Jepang AKB48 dan grup asal Thailand BNK48 berkolaborasi dalam VFA 2017 lewat lagu “Aitakata” dan “Fortune Cookies”.

Lagu-lagu tersebut memang sudah akrab dperdengarkan untuk para sister group dari AKB48 itu sendiri. Dengan begitu, para penggemar rasanya tak kesulitan bila harus menyanyikan liriknya.

Di sisi lain, penyanyi asal Thailand, Keng Tachaya, tampil nyentrik dengan kostum merah. Ia memainkan alat musik serupa kecapi dan suling di atas panggung.

Meski ia menyanyikan lagu berbahasa Thailand, musiknya yang asyik dapat menyatukan semua penonton di Show DC.

Artis Asia bertalenta

Dari gelaran acara ini, para penonton makin dibuat percaya bahwa artis-artis di Asia yang bertalenta, bukan hanya dari negara mereka saja. Negara-negara lain juga punya keunikan dan bakat yang sama bagusnya.

Salah satunya adalah penyanyi asal Korea Selatan, Rain, yang berkesempatan menghibur penggemar di VFA 2017 dengan mendendangkan “LA Song”, “Touch Ya”, dan “It’s Raining”.

Namun, Rain sudah sangat dikenal di Asia mengingat ia sudah berkarya di Asia sejak lama, bahkan hingga dijuluki King of K-Pop.

Namun, tahukah Anda bahwa ada bibit-bibit artis Asia lainnya yang layak diperhitungkan?

(KOMPAS.com/SINTIA ASTARINA) Penyanyi dan artis peran asal Vietnam, yakni Son Tung M-TP membawakan lagu miliknya yang berjudul Lac Troi dalam acara Viral Fest Asia 2017 di Show DC, Bangkok, Thailand, Sabtu (3/6/2017).

Misalnya, penyanyi asal Vietnam yang wajah dan penampilannya bak artis K-Pop, Son Tung M-TP. Ia membawakan lagu “Lac Troi” dalam VFA 2017.

Meski lagu tersebut menggunakan bahasa Vietnam, tetap saja musik dan tariannya mampu membuat banyak penikmat seni bergoyang dengan asyik.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com