Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dian Sastrowardoyo Ajak Kaum Muda Cintai Kain Tradisional

Kompas.com - 08/08/2017, 21:24 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Dian Sastrowardoyo (35) berharap kain-kain tradisional Indonesia bisa menjadi busana sehari-hari yang digemari. Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, Dian mempropmosikannya lewat media sosial.

Ia memulainya dengan menularkan kecintaannya pada kain tenun Sumba kepada masyarakat luas di negeri ini, khususnya kaum muda.

"Saya menggunakan kain tenun Sumba sebanyak-banyaknya, menjadikan kain itu sebagai bagian dari saya berbusana sehari-hari, supaya semakin banyak anak di Indonesia ini pengin mengapresiasi kain Sumba," ujar Dian dalam wawancara di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017).

Baca juga: Jatuh Cinta pada Tenun Sumba Timur, Dian Sastrowardoyo Galang Dana

 

Salah satu cara yang dilakukan Dian Sastrowardoyo adalah berkreasi dengan kain tenun itu lalu mengunggah foto OOTD alias outfit of the day-nya ke akun Instagram-nya sesering mungkin.

"OOTD, gitu. Saya membeli kain mereka, terus saya pakai sehari-hari dengan berbagai macam model dan style. Saya jadikan sarung, kadang saya jadikan rok pendek, saya lipat terus dalamnya pakai celana gitu. Teman saya lebih kreatif lagi, dijadikan dress. Jadi, memang ada banyak sekali caranya," tutur Dian.

Baca juga: Raline Shah Penggemar Kain Etnik dari Indonesia

Biar lebih menarik, ibu dua anak ini juga mengajak teman-temannya sesama pesohor industri hiburan untuk membantu mengenalkan kain tradisional ke publik.

Mereka, antara lain, penyanyi-penyanyi Raisa dan Andien serta aktris Adinia Wirasti.

"Saya pengin menggerakkan teman-teman pekerja seni untuk bisa bantu kami mempromosikan bahwa kain Sumba itu bisa dipakai sehari-hari, bisa menjadi tren gitu lho," ujar Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com