Pameran Terbesar di Dunia dari Studio Ghibli Bisa Dinikmati di Jakarta - Kompas.com

Pameran Terbesar di Dunia dari Studio Ghibli Bisa Dinikmati di Jakarta

Andi Muttya Keteng Pangerang
Kompas.com - 10/08/2017, 17:44 WIB
Konferensi pers The World of Ghibli Jakarta Exhibition di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis (10/8/2017).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Konferensi pers The World of Ghibli Jakarta Exhibition di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis (10/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pameran Studio Ghibli diadakan di Indonesia untuk kali pertama dan merupakan pameran terbesar di dunia dari studio Jepang tersebut.

Dengan demikian, Indonesia menjadi negara pertama Asia Tenggara di mana pameran terbesar di dunia dari Studio Ghibli diselenggarakan.

Pameran bertajuk The World of Ghibli Jakarta Exhibition itu dilangsungkan di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta Selatan, dari Kamis ini (10/8/2017) hingga 17 September 2017.

"Ini di Asia Tenggara pertama kali, karena pernah di Taipeh dan Seoul. Terus, kalau besarnya sih, ini yang terbesar di dunia, belum pernah bikin seperti ini," kata CEO Kaninga Pictures sekaligus Project Officer pameran tersebut, Wilawati, dalam konferensi pers di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (10/8/2017).

Baca juga: Studio Ghibli Akan Putar 22 Film di Indonesia

Presiden Direktur Studio Ghibli, Jepang, Koji Hoshino, dalam kesempatan yang sama mengungkapkan alasan pihaknya memilih Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara untuk mengadakan pameran karakter-karakter animasi produksi studio mereka.

"Yang unik adalah kami merasa exposure Studio Ghibli di Indonesia masih terbatas, tetapi karena kami percaya akan potensi pasar ini, kami sepakat untuk memberi sesuatu yang besar dan wah," tuturnya.

"Indonesia merupakan negara pertama yang dipilih Studio Ghibli untuk mengembangkan sayapnya di Asia Tenggara melalui The World of Ghibli Jakarta Exhibition," sambungnya.

Baca juga: Studio Ghibli Akan Bangun Taman Bermain Totoro di Jepang

Tak tanggung-tanggung, pameran itu menghadirkan instalasi dunia animasi Studio Ghibli lewat puluhan replika karakter favorit dari animasi mereka. Totoro, Robot Laputa, hutan Princess Mononoke, dan Howl's Moving Castle setinggi 8,5 meter hadir untuk para penggemar.

"Ada sekitar 22 replika animasi. Replika rumah Totoro ada. Nanti bisa masuk ke rumahnya. Semuanya dibikin di Indonesia oleh pelaku kreatif Tanah Air selama setahun. Biasanya Ghibli yang buatkan, enggak ada kontribusi lokalnya. Di sini banyak orang lokal yang terlibat," kata Wilawati.

Baca juga: Cerita Sherina Menyanyikan Jingle Iklan Ghibli

Para pengunjung juga boleh memotret di beberapa area pameran. Itu menarik, karena di Museum Ghibli di Jepang saja selama ini mereka dilarang memotret.

Namun, tetap ada beberapa area tanpa kamera dalam pameran tersebut, yakni Ghibli Journey Area.

"Nanti ada area yang enggak boleh difoto, seperti sketsa asli dan area sejarah perjalanan Studio Ghibli. Jadi, yang pertama dimasuki adalah area di mana ada sejarah Ghibli, terus poster film Ghibli, terus ada replika meja kerja Hayao Miyazaki dan Toshio Suzuki (pendiri Studio Ghibli)," ujar Wilawati.

"Terus ada program how to make animation. How to make animation ini tentang bagaimana pembuatan animasi di tiap film Ghibli," tambahnya.

Hanya saja, karena ada kendala teknis, dua replika, yakni Laputa dan Arriety, belum selesai dibikin.

Studio Ghibli didirikan pada 15 Juni 1985 di Tokyo, Jepang, dan hingga kini sudah menghasilkan puluhan film animasi.

Beberapa film itu menjadi sorotan dunia dan meraih penghargaan internasional, termasuk Academy Awards atau Oscar.

Misalnya, film-film Spirited Away, Howl's Moving Castle, Ponyo, dan My Neighbor Totoro.

PenulisAndi Muttya Keteng Pangerang
EditorAti Kamil
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM