Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zaskia Adya Mecca: Hanung Akan Potong Sendiri Hewan Kurbannya

Kompas.com - 31/08/2017, 22:58 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Pasangan artis peran Zaskia Adya Mecca dan sutradara Hanung Bramantyo memilih untuk menyembelih sendiri hewan kurbannya tahun ini.

“Idul Adha tahun ini kita mau lebaran di Jogja. Tahun kemarin kan baru pertama kali kita menerapkan, semua hewan kurban tuh harus bapaknya yang motong, anak-anak menyaksikan. Biasanya kan kita tahunya, motong, sudah kelar gitu,” ujarnya saat ditemui di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Rabu (30/8/2017).

Hal ini dilakukan sekaligus untuk menerangkan kepada ketiga anaknya, Kana Sybilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo dan Bhai Kaba Bramantyo tentang makna Idul Adha yang sesungguhnya.

“Mengenalkan anak apa sih yang harus di kurbankan, jadi enggak sekedar beli kambing, mereka pilih, terus kambingnya sudah dipotong. Sekarang ngerasain juga sih sedihnya menyembelih kambing,” ucapnya.

“Terus kambingnya yang mereka (anak-anak) pilih harus di potong sama abinya sendiri, biasanya nangis gitu kan, kambingnya, sapinya. Jadi pengalaman itu yang kita akan kenalkan ke anak-anak,” imbuhnya.

[Baca juga: Zaskia Adya Mecca: Mas Hanung Butuh Pemasukan, Harus Hidupi Keluarga]

 

Cara ini dipercaya efektif akan memberikan pelajaran untuk anak-anak tentang makna berkurban.

“Enggak cuma tahu ada Idul Adha, sudah. Tapi kita mengajarkan mereka soal makna. Kan kalau kita lihat selewat gitu, jahat banget gitu, ada sapi dan kambing dipotong. Jangan anak cuma dapat permukaannya aja,” katanya.

“Sapi, kambing pada dipotongin, banyak banget, kayak pembantaian, enggak. Tapi harus mengenalkan maknanya, itu yang enggak mudah,” lanjutnya.

[Baca juga: Zaskia Adya Mecca Hamil Lagi?]

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com