Setelah Gamelan Bali, Livi Zheng Angkat Pencak Silat dalam Film - Kompas.com

Setelah Gamelan Bali, Livi Zheng Angkat Pencak Silat dalam Film

Andi Muttya Keteng Pangerang
Kompas.com - 13/09/2017, 15:18 WIB
Livi Zheng dan para aktor senior Indonesia dalam konferensi pers dua film pendek terbaru Livi di Nam Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Livi Zheng dan para aktor senior Indonesia dalam konferensi pers dua film pendek terbaru Livi di Nam Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara muda Indonesia, Livi Zheng, kembali mengangkat kebudayaan Indonesia lewat karya filmnya. Setelah gamelan Bali dalam dokumenter Bali: Beats of Paradise, kini Livi melirik pencak silat dan bola api khas Sukabumi, Jawa Barat.

Unsur-unsur budaya itu ia masukkan dalam dua film pendeknya yang berjudul Life is Full of Surprises dan Second Chance.

"Indonesia kan banyak banget kebudayaan yang sangat beragam dan menarik. Saya nanya di Sukabumi ini apa kekhasannya? Kami putuskan angkat cambuk api yang dikombinasikan dengan bola api dan pencak silat. Di samping itu, kami juga mengangkat anyaman," ucap Livi dalam konferensi pers film tersebut di Nam Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Untuk pencak silat, Livi memilih menampilkan jurus macan dalam Life is Full of Surprises berdurasi kurang lebih tiga menit.

"Kami pakai pencak silat jurus macan dan itu sebetulnya kami hanya meng-adjust sedikit koregrafinya supaya lebih bagus difilmkan. Karena kadang kalau lihat aslinya sama di layar, kan berbeda. Tapi tanpa mengurangi kekhasan pencak itu," ucap Livi.

Ia mengatakan, baru kali pertama membuat film pendek dan menurut Livi, justru durasi yang singkat itu mengharuskannya bekerja lebih keras dibanding menggarap layar lebar.

"Perbedaannya, untuk film layar lebar kami punya banyak waktu men-develop karakter. Sedangkan ini kan film pendek, tidak ada ruang untuk kesalahan. Satu menit saja salah, bisa merusak film," ujarnya.

Livi berusaha menjaga ceritanya agar tetap kuat. Ia dan tim bahkan menghabiskan waktu tiga bulan untuk menggodok cerita dua film pendek itu.

[Baca juga: Livi Zheng Kini Lebih Leluasa Bikin Film di Amerika]

"Kami develop story dari Juni sampai akhirnya kami putuskan 'okay, this is a good story', baru kami shooting seminggu untuk dua film di Sukabumi. Film ini kami harus punya cerita yang kuat yang harus bisa disampaikan dalam beberapa menit aja," kata Livi.

[Baca juga: Livi Zheng Tambahkan Gamelan Bali dalam Film Laga Terbarunya]

Film Life is Full of Surprises bercerita tentang kegigihan seorang gadis kecil dalam menjalani hidup setelah ibunya meninggal dunia.

[Baca juga: Livi Zheng Undur Jadwal Tayang Film Insight demi Pencak Silat]

Sedangkan film Second Chance mengisahkan tentang suami istri yang mendapatkan musibah besar, namun kemudian diberi kesempatan kedua.

Dua film pendek ini merupakan proyek iklan produksi BRI Life dan segera tayang di YouTube.

PenulisAndi Muttya Keteng Pangerang
EditorKistyarini
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM