Kolaborasi Marcell Siahaan-Ahmad Albar untuk "Indonesia Bersatu" - Kompas.com

Kolaborasi Marcell Siahaan-Ahmad Albar untuk "Indonesia Bersatu"

Tri Susanto Setiawan
Kompas.com - 14/11/2017, 18:07 WIB
Ahmad Albar (vokal), Iis Rodinda (vokal), Marcell Siahaan (drum), dan Utox (gitar) sedang memproduksi singel berjudul Indonesia Bersatu di NU Straight Studio Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWAN Ahmad Albar (vokal), Iis Rodinda (vokal), Marcell Siahaan (drum), dan Utox (gitar) sedang memproduksi singel berjudul Indonesia Bersatu di NU Straight Studio Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).


JAKARTA, KOMPAS.com - Berangkat dari keresahan akan situasi keragaman yang kian memudar, penyanyi Marcell Siahaan bersama para musisi lain meluapkan ekspresinya lewat sebuah kolaborasi.

Kolaborasi yang terdiri dari Ahmad Albar (vokal), Iis 'Rodinda' (vokal), Marcell Siahaan (drum), dan Utox (gitar) berikut para musisi daerah itu membuahkan singel berjudul "Indonesia Bersatu".

"Perbedaan itulah justru kekuatan kita. Lagu ini membawa kita kembali ke sana supaya sadar potensi kita tuh begitu besar," ujar Marcell di NU Straight Studio Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).

"Indonesia Bersatu" direkam di studio milik Marcell. Ia turut senang bahwa studionya bisa dijadikan tempat untuk memproduksi karya yang sifatnya nasional.

"Saya cerita sebagai penyedia tempat untuk proses produksi. Saya tentu bangga sekali bisa main drum di sini, menyediakan tempat untuk produksi semua ini. Sesuatu yang besar buat saya," kata dia.

Baca juga : J Mono Neurotic: Keragaman Menjadi Tantangan

Proses penggarapan singel dibuat secara bersama, termasuk urusan aransemennya. Sedangkan untuk lirik, Iis ambil bagian dengan mencari referensi dari catatan sejarah Presiden RI Soekarno.

"Jadi bukan sesuatu yang direkayasa, dikarang-karang. Dari pidato, tulisan tangan, dan puisi Bung Karno, itu jadi asal muasal lirik ini. Jadi tidak sesuatu yang mengarang," ucapnya.

Lagu itu, kata Iis, tidak akan berhenti hanya diciptakan dan dilempar ke pasar industri. Menurut dia, perlu ada gaung yang lebih besar untuk menyampaikan pesan itu ke pada masyarakat.

"Kami akan sosialisasikan 'Indonesia Bersatu' dari panggung ke panggung. Kami biki CD gratis, kami upload. Ini kan pergerakan dan kami akan sosialisasikan," ucap dia.

PenulisTri Susanto Setiawan
EditorIrfan Maullana
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM