Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Marcell Siahaan-Ahmad Albar untuk "Indonesia Bersatu"

Kompas.com - 14/11/2017, 18:07 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Berangkat dari keresahan akan situasi keragaman yang kian memudar, penyanyi Marcell Siahaan bersama para musisi lain meluapkan ekspresinya lewat sebuah kolaborasi.

Kolaborasi yang terdiri dari Ahmad Albar (vokal), Iis 'Rodinda' (vokal), Marcell Siahaan (drum), dan Utox (gitar) berikut para musisi daerah itu membuahkan singel berjudul "Indonesia Bersatu".

"Perbedaan itulah justru kekuatan kita. Lagu ini membawa kita kembali ke sana supaya sadar potensi kita tuh begitu besar," ujar Marcell di NU Straight Studio Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).

"Indonesia Bersatu" direkam di studio milik Marcell. Ia turut senang bahwa studionya bisa dijadikan tempat untuk memproduksi karya yang sifatnya nasional.

"Saya cerita sebagai penyedia tempat untuk proses produksi. Saya tentu bangga sekali bisa main drum di sini, menyediakan tempat untuk produksi semua ini. Sesuatu yang besar buat saya," kata dia.

Baca juga : J Mono Neurotic: Keragaman Menjadi Tantangan

Proses penggarapan singel dibuat secara bersama, termasuk urusan aransemennya. Sedangkan untuk lirik, Iis ambil bagian dengan mencari referensi dari catatan sejarah Presiden RI Soekarno.

"Jadi bukan sesuatu yang direkayasa, dikarang-karang. Dari pidato, tulisan tangan, dan puisi Bung Karno, itu jadi asal muasal lirik ini. Jadi tidak sesuatu yang mengarang," ucapnya.

Lagu itu, kata Iis, tidak akan berhenti hanya diciptakan dan dilempar ke pasar industri. Menurut dia, perlu ada gaung yang lebih besar untuk menyampaikan pesan itu ke pada masyarakat.

"Kami akan sosialisasikan 'Indonesia Bersatu' dari panggung ke panggung. Kami biki CD gratis, kami upload. Ini kan pergerakan dan kami akan sosialisasikan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com